Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Kurang dari Setengah Populasi Inggris dan Wales Beragama Kristen, Menurut Sensus Terbaru

Sebuah Perayaan Ekaristi publik di Inggris. IST

LONDON, Pena Katolik – Dari sensu terbaru yang dilakukan tahun 2021 di Inggris dan Wales manunjukkan bahwa kurang dari separuh populasi dua negara itu mengaku sebagai Kristen. Dari 56 juta orang yang menjawab pertanyaan “Apa agamamu?” 27,5 juta berkata “Kristen”, ini sama dengan 46,2 persen.  Data ini turun 13,1 persen dari 59,3 persen dalam survei 2011 dan pertama kalinya kurang dari setengah populasi yang tercatat menggambarkan diri mereka sebagai orang Kristen.

Uskup Agung York, Stephen Cottrell, mengatakan bahwa angka-angka itu “bukan kejutan besar” tetapi menambahkan bahwa perkembangan ini “masih memberikan tantangan. Cottrell mengatakan data ini mendorong Gereja untuk untuk semakin percaya bahwa Tuhan akan membangun kerajaannya di Bumi tetapi juga memainkan peran di dalamnya, membuat Kristus dikenal.

“Kita telah meninggalkan era ketika banyak orang hampir secara otomatis diidentifikasi sebagai orang Kristen, tetapi survei lain menunjukkan bagaimana orang yang sama masih mencari kebenaran dan kebijaksanaan spiritual dan seperangkat nilai untuk hidup,” katanya.

Proporsi responden sensus yang mengatakan mereka “tidak beragama” telah meningkat sebesar 12 persen sejak 2011 menjadi 37,2 persen atau 22,2 juta orang. Di Wales, proporsinya adalah 46,5 persen dan 43,6 persen yang mengaku Kristen. Penelitian yang diterbitkan minggu lalu oleh wadah pemikir Theos menemukan bahwa mereka yang mengatakan bahwa mereka “tidak beragama” ada sekitar 50 persen. Ditemukan bahwa 51 persen dari mereka yang mengatakan tidak beragama juga menyatakan bahwa mereka “tidak percaya pada Tuhan” dan 42 persen percaya pada beberapa bentuk supernatural.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini