30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Membawa Gereja ke Pinggiran: Kisah Stasiun Misi di Filipina

BERITA LAIN

More
    Suster Mitzy Perez dari Misionaris Pelayan Sabda dari San Luis Potosi berjalan di lingkungan miskin Kalookan, Filipina, 17 Oktober 2022. Catholicnews

    MANILA, Pena Katolik — Ketika Pastor Victor Sandoval mengetuk pintu di salah satu daerah kumuh terberat di Manila untuk memberi tahu orang-orang bahwa dia pindah ke tengah-tengah mereka, dia disambut dengan rasa tidak percaya.

    “Awalnya banyak yang tidak percaya dengan kami. Mereka tidak percaya kami benar-benar imam Katolik, karena imam Katolik tidak datang untuk tinggal di tempat seperti ini. Mereka mengira kami mungkin evangelis atau imam palsu,” katanya.

    Pastor Sandoval adalah seorang imam Misionaris Hamba Sabda dari Meksiko, datang ke pinggiran utara ibu kota Filipina empat tahun lalu, diundang oleh Uskup Pablo Virgilio David, yang ingin menjangkau orang miskin di Keuskupan Kalookan yang luas. Frustrasi oleh keterbatasan struktur paroki tradisional, Uskup David telah mengundang kongregasi religius dari seluruh dunia untuk membantunya memulai 17 stasiun misi.

    “Banyak paroki kami adalah institusi tua dan lelah. Mereka cenderung sangat parokial, dalam arti negatif. Mereka dalam mode pemeliharaan. Mereka cenderung melayani umat Katolik yang pergi ke gereja, tetapi jumlahnya kurang dari 20% dari umat Katolik yang dibaptis. Sebagian besar umat Katolik tidak ada hubungannya dengan lembaga gereja formal. Jika Anda menanyakan agama mereka, mereka mengatakan mereka Katolik Roma, tapi itu saja. Paroki kami cenderung hanya melayani mereka yang sudah dekat dengan gereja,” kata Uskup David kepada Catholic News Service.

    “Stasiun misi adalah upaya untuk membuat gereja lebih hadir di antara mereka yang terpinggirkan dari masyarakat. Kami telah berbicara tentang gereja orang miskin selama beberapa dekade, tetapi dengan segala kerendahan hati, kami belum tumbuh menjadi gereja orang miskin. Ini adalah upaya untuk membuat gereja lebih hadir dengan orang miskin.”

    Lingkungan Pastor Sandoval berjarak 15 menit berjalan kaki dari gereja paroki St. Anthony of Padua, tetapi jaraknya bersifat sosial dan juga geografis.

    “Sebelum saya datang ke sini, orang-orang di paroki menyuruh saya untuk berhati-hati. ‘Jangan pergi ke sana pada malam hari, itu daerah yang berbahaya,’ kata mereka. Mereka menganggap beberapa bidang terlalu berisiko untuk pekerjaan pastoral. Pendeta itu tidak ingin membahayakan para katekisnya dan orang lain. Lebih mudah mengundang orang dari sini untuk pergi ke paroki. Masalahnya adalah hanya sedikit yang melakukannya. Hanya sekitar 40 orang, dari sekitar 40.000 penduduk, yang aktif di paroki itu,” kata Pastor Sandoval kepada CNS.

    Jadi dia dan imam lain pindah ke sebuah apartemen kecil di tengah Paradise Village, jalan-jalan kecil yang ramai dan tempat tinggal kecil.

    “Kami mulai dengan pergi ke tepi lingkungan, mengetuk pintu, berbagi refleksi singkat tentang firman Tuhan. Melalui percakapan itu kami mengetahui realitas orang-orang. Kami kemudian mengorganisir kegiatan, termasuk rosario dan studi Alkitab, dan melalui firman Tuhan membantu menyadarkan orang tentang martabat yang Tuhan panggil mereka,” kata Pastor Sandoval.

    Tantangan Karya

    Tantangan pastoral berlimpah di lingkungan yang terbentuk ketika pemerintah mengisi kolam ikan dengan sampah, memungkinkan para migran yang mencari pekerjaan dari pedesaan untuk mengintai lahan-lahan kecil di mana mereka membangun tempat tinggal sementara.

    “Uskup mengatakan prioritas kami adalah membentuk komunitas, tetapi ketika orang-orang datang dari provinsi, mereka mulai fokus pada kelangsungan hidup, yang mendorong individualisme. Karena mereka berasal dari tempat yang berbeda, tidak mudah untuk membangun kepercayaan. Di mana ada kemiskinan dan individualisme, sulit untuk membangun solidaritas dan mengatasi ketidakadilan,” kata Pastor Sandoval.

    Kawanannya telah menghadapi pembunuhan di luar proses hukum, bagian dari “perang melawan narkoba” yang disetujui pemerintah, serta munculnya geng, yang menurut imam itu dimulai sebagai cara untuk memberikan rasa perlindungan bagi beberapa penduduk, namun sering kali berubah menjadi kriminal. aktivitas. Melibatkan orang-orang muda dari lingkungan yang berbeda dalam paduan suara gereja dan kegiatan lainnya telah membantu mengikis perpecahan kekerasan. Dan program pemberian makan yang dimulai oleh stasiun misi Pastor Sandoval telah mengumpulkan 180 anak-anak yang perbedaan sewenang-wenang keluarganya diabaikan oleh kelaparan.

    “Partisipasi dalam kehidupan Kristen dapat meruntuhkan tembok dan membentuk komunitas,” kata imam itu.

    Di lingkungan terdekat, Suster Mitzy Perez, seorang anggota Misionaris Suster Hamba Firman dari Meksiko, mengelola stasiun misi lain, yang katanya mewujudkan impian uskup untuk memindahkan gereja lebih dekat kepada orang-orang.

    “Selama bertahun-tahun, orang tidak pergi ke Misa atau menerima sakramen, termasuk pengakuan dosa atau bahkan pernikahan dan baptisan, namun sekarang kami mengatur hal-hal itu di sini di stasiun misi. Sedikit demi sedikit mereka semakin dekat dengan gereja dan merasa gereja lebih dekat dengan mereka,” katanya kepada CNS.

    “Kami memiliki kegiatan selama Pekan Suci, setidaknya sebelum pandemi, dan bagi banyak orang ini adalah pertama kalinya mereka berpartisipasi dalam pembasuhan kaki atau malam Paskah.”

    Suster Perez mengatakan sifat pekerjaan yang tersedia bagi sebagian besar tetangganya membuat partisipasi gereja menjadi sulit.

    “Kebanyakan orang sangat miskin sehingga mereka sangat fokus pada bagaimana mendapatkan uang setiap hari. Banyak yang bekerja sepanjang hari, setiap hari, dan tidak menghasilkan banyak. Ini berat, terutama bagi para pria. Mereka bekerja sepanjang hari, tidak pulang sampai larut malam. Beberapa tidak memiliki hari istirahat. Semua hal ini mempengaruhi penginjilan yang kita lakukan. Kami memberikan kelas Alkitab di rumah mereka atau duduk di jalan-jalan sempit. Tetapi sulit bagi pria untuk berpartisipasi ketika hari-hari mereka penuh dengan pekerjaan. Dan beberapa wanita bekerja di kantor, pulang lebih awal dan pulang larut malam, menyisakan sedikit waktu untuk kegiatan gereja,” kata Suster Perez.

    Narkoba

    Penyalahgunaan narkoba juga menimbulkan tantangan. Suster Perez mengatakan dia telah menemukan orang-orang yang menjual sabu – bentuk lokal metamfetamin – di depan pintu rumahnya. Namun, membuat orang berhenti menjual narkoba seringkali rumit.

    “Saya bertanya kepada seorang wanita yang saya hadapi berapa banyak yang dia dapatkan dengan membawa sekantong sabu kepada pembeli. Dia mengatakan 50 peso (kurang dari US$1). Saya bertanya apakah mempertaruhkan nyawanya untuk 50 peso sepadan. Dia mengatakan itu cukup untuk membeli satu kilo beras untuk keluarganya. Dia bertanya siapa lagi yang akan memberinya uang. Dia memiliki empat anak, dan suaminya menjual barang-barang di jalan dan menghasilkan sangat sedikit.

    “Saya bertanya apakah saya bisa membantunya menemukan pekerjaan lain, tetapi dia bilang saya tidak mengerti. Kakaknya yang menjadi penjual narkoba. Dia mengatakan kepada saya bahwa jika dia berhenti, kakaknya akan marah, dan dia tidak tahu apa yang mungkin dia lakukan padanya. Saya berkata saya akan berbicara dengan saudara laki-lakinya, tetapi dia memohon kepada saya untuk tidak berbicara dengannya. Ini adalah rantai hal-hal yang semakin rumit, dan membuat perubahan menjadi sangat sulit,” kata Suster Perez.

    Sementara sebagian besar kegiatan stasiun misi dipimpin oleh orang awam — apa yang dikatakan Suster Perez adalah bagian penting dari karisma kongregasinya — kehadiran fisiknya penting.

    “Fakta bahwa kami tinggal di sini membantu mereka merasa dekat dengan Anda. Itu tidak sama ketika Anda hanya mengunjungi. Kita mengalami apa yang mereka alami. Ketika tidak ada air, kita tidak memiliki air. Seperti mereka, saya harus keluar dengan ember dan mengantre,” katanya. “Dan ketika hujan dan jalanan banjir, saya harus mengarungi air seperti orang lain. Semua hal kecil itu membantu mereka merasa lebih dekat.”

    Uskup David mengatakan stasiun misi melambat membuat perbedaan, meremajakan paroki di mana mereka berada.

    “Para imam menemukan hubungan timbal balik antara stasi misi dan paroki mereka. Itu penting jika kita ingin mengubah paroki kita dari pemeliharaan menjadi misi,” katanya.

    Joy Jacita, seorang katekis yang membantu Suster Perez bekerja dengan kaum muda, mengatakan bahwa stasiun misi telah membuat perbedaan besar dalam hidupnya.

    “Sebelum para suster tiba, saya Katolik tetapi hanya pergi ke Misa sebulan sekali. Setelah mereka datang dan kami mengadakan Misa di sini, saya mulai pergi setiap hari Minggu dan berpartisipasi dalam kegiatan selama seminggu. Gereja lebih dekat dengan barangay sekarang,” katanya, merujuk pada unit pemerintah lokal di Filipina.

    Pastor Sandoval mengatakan kedekatan gereja dengan orang miskin akan membantu mengubahnya dalam jangka panjang.

    “Kami telah mencoba untuk memenuhi kebutuhan spiritual dan material, karena mereka terkait erat. Kemiskinan bukanlah buah dari kemalasan. Ini adalah kejahatan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan satu pendekatan. Ini adalah proses yang panjang. Cara terbaik untuk bekerja dengan orang miskin adalah bersama mereka, dan belajar dari kemampuan, energi, dan pengalaman mereka. Anda hanya bisa melakukan itu dengan mendekati mereka,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI