Paus Fransiskus: Para Imam yang Tidak Berdoa Tinggal di Tempat Sampah Biasa Saja

0
963
Paus Fransiskus. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam sambutan langsung kepada rektor dan formator seminari dari Amerika Latin, Paus Fransiskus mengatakan mereka harus mengajar para imam mahasiswa untuk berdoa terus-menerus, dan juga memperingatkan bahaya “kekakuan” di seminari.

Paus Fransiskus telah menekankan bahaya “kekakuan” dalam pembentukan para imam, dan menekankan bahwa mereka harus berjuang untuk “kedekatan” dalam empat cara berbeda. Berbicara kepada sekelompok rektor dan formator seminari dari Amerika Latin pada hari Kamis, Paus mengesampingkan sambutannya yang telah disiapkan dan berbicara langsung tentang tema-tema yang katanya dekat dengan hatinya.

Bentuk kedekatan pertama yang diidentifikasi Paus Fransiskus adalah keintiman dengan Tuhan dalam doa. “Kamu harus tahu bahwa seorang imam yang tidak berdoa masuk ke tempat sampah. Mungkin dia bertahan sampai dia menjadi tua, tetapi di tempat sampah, artinya, dalam keadaan biasa-biasa saja.”

Sementara “dosa berat membuat Anda takut, dan Anda langsung mengaku dosa”, katanya, biasa-biasa saja adalah “cara hidup” di mana seorang “imam yang tidak berdoa jatuh ke dalamnya.”

Selanjutnya, Paus beralih untuk mempertimbangkan kedekatan dengan uskup seseorang, yang “tidak dapat dinegosiasikan.” Mungkin “dia celaka”, kata Bapa Suci, tetapi “kamu juga celaka. Artinya, sebagai dua orang celaka, Anda akan saling memahami.”

Uskup “adalah ayahmu”, jadi “cari dia, dekati dia, bukan untuk menyanjungnya, jadi dia akan memberimu paroki yang kamu suka atau paroki lain yang lebih kamu sukai. Tidak. Rasakan ayah, amati dengan ayah.”

Paus menekankan pentingnya kedekatan di antara para imam. “Salah satu keburukan paling buruk yang kami, ras ulama, miliki adalah gosip … Kami berbicara buruk tentang teman. Mereka adalah saudaramu! … Ada terlalu banyak gosip bahkan di Gereja; ada terlalu banyak di mana-mana. Jangan mendidik lebih banyak penggosip, karena ini menghancurkan hidup kita.”

Ia juga mengatakan bahwa para imam harus dekat dengan umatnya, dengan umat Allah. “Saya benar-benar menyesal ketika saya melihat para imam yang begitu ‘dipoles’ sehingga mereka melupakan orang-orang dari mana mereka diambil. Apa yang Paulus katakan kepada Timotius: ‘Ingatlah ibu dan nenekmu.’ Artinya, pikirkan dari mana Anda berasal, bahwa Anda diambil dari kawanan domba. Jangan lupakan orang-orangmu.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here