26.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Sebanyak 25 Persen Imam Katolik di Irlandia akan Menua dalam 15 Tahun ini

BERITA LAIN

More
    Umat Katolik di Irlandia saat merayakan Ekaristi di salah satu gereja. Pena Katolik

    IRLANDIA, Pena Katolik – Data, yang menunjukkan hanya 2,5% imam Irlandia berusia di bawah 40 tahun. Situasi ini membuat orang bertanya-tanya bagaimana para klerus akan menangani beban kerja mereka.

    Survei yang diambil oleh Asosiasi Pendeta Katolik Irlandia (ACP) telah mengungkapkan bahwa sekitar seperempat dari pendeta negara itu akan mencapai atau melampaui usia 75 dalam 15 tahun ke depan. Lebih lanjut, ditemukan bahwa hanya sekitar 2,5% imam Katolik aktif di Irlandia yang berusia di bawah 40 tahun. Data tersebut dibagikan pada Rapat Umum Tahunan Konferensi Uskup Irlandia Oktober lalu.

    Masa pensiun

    Sementara seorang imam diosesan Katolik diperbolehkan untuk pensiun pada usia 70, mereka yang mampu dan mau melanjutkan didorong untuk mempertahankan pelayanan mereka sampai usia 75. Namun, di Irlandia, kekurangan imam dan seminaris telah menghasilkan pemahaman umum, bahwa semua imam akan melanjutkan tugasnya sampai usia maksimal.

    Faktanya, banyak imam Irlandia melanjutkan pelayanan mereka di luar usia maksimum pensiun. Tablet melaporkan bahwa anggota ACP diberitahu bahwa dari 2.100 imam yang bekerja di negara itu, 300 (15%) di antaranya berusia di atas 75 tahun. Dalam kelompok berusia 61 hingga 75 tahun, yang akan mencapai usia pensiun dalam 15 tahun mendatang. tahun, ada 547 (~26%) imam aktif.

    Data lain menunjukkan, para imam yang telah mencapai atau mendekati usia pensiun selama ini telah bekerja terlalu banyak. Sebanyak 847 (41%) imam Irlandia berusia 61 hingga 75 tahun atau lebih melayani umat di 1.355 paroki dan 2.652 gereja di Irlandia. Hal ini menunjukkan bahwa banyak dari imam yang melakukan tugas ganda dan melayani di beberapa gereja per minggu.

    Pendeta muda

    Meski data ini cukup memberi peringatan, namun Keuskupan Katolik di Irlandia tampaknya tidak memiliki rencana yang jelas untuk mengisi kembali barisan imam mereka. Di antara 26 keuskupan di Irlandia ditemukan bahwa hanya 52 (kurang dari 2,5%) imam aktif yang berusia di bawah 40 tahun.

    Gereja di Irlandia perlu mempersiapkan kekurangan imam yang semakin parah di tahun-tahun mendatang. Mereka mencatat bahwa beberapa keuskupan Irlandia tampaknya mengabaikan masalah ini, memilih untuk menempatkan lebih banyak pekerjaan di pundak para imam meski usia pensiun mereka sudah dekat.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI