26.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Tiba di Bahrain, Paus Fransiskus Dipanggil dengan Sebutan “Baba Paus”

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus bersama Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa. Vatican News

    BAHRAIN, Pena Katolik – Tiba di Bahrain, Paus Fransiskus kemudian dikawal menuju ke Istana Kerajaan Bahrain. Menarik melihat mobil yang ditumpangi Paus. Ia naik mobiil Fiat sederhana, sedangkan pengawal yang lain memakai mobil yang jauh lebih mahal dan mewah.

    Di Bahrain, Paus disambut dengan meriah. Paus dikatakan “kembali“ke wilayah Teluk. Umat Kristen maupun Muslim menyambut Paus Fransiskus di Bahrain sebagai “Bapa Paus”. Ini merupakan kunjungan bersejarah lain ke wilayah Teluk.

    “Untuk Bahrain, kunjungan ini sangat bersejarah, karena kami belum pernah memiliki seseorang seperti Paus datang ke sini dalam hal mempromosikan dialog.” Nivedita Dhadphale, seorang konsultan di Pusat Komunikasi Nasional Bahrain, memberikan gambaran tentang Perjalanan Apostolik ke-39 Paus di luar negeri, pada 3-6 November 2022 ini.

    Surat Kabar yang terbit di Bahrain dihiasi dengan lambang bendera Bahrain dan Vatikan saat kunjungan Paus ke Bahrain. IST

    Dhadphale telah menghabiskan 30 tahun terakhir di Bahrain, tetapi dia masih ingat ketika dia melihat Diwali, festival lampu Hindu, dirayakan secara terbuka, serta tampilan publik dekorasi Natal.

    “Saya telah tinggal di sini selama lebih dari tiga dekade, dan apa yang bisa saya katakan adalah bahwa ini adalah masyarakat yang sangat-sangat terbuka dan orang-orangnya sangat hangat dan mereka sangat ramah.”

    Pasu tiba di Istana Bahrain. IST

    Hubungan antar berbagai agama, kata Ms. Dhadphale, yang berasal dari India dan menganut agama Hindu, melampaui toleransi terhadap kepercayaan orang lain.

    Sebagai bagian dari kunjungannya, Paus Fransiskus akan menghadiri sesi penutupan “Bahrain Forum for Dialogue: East-West Dialogue for Human Coexistence” hari Jumat, bersama dengan sekitar 200 pemimpin dari berbagai agama. Orang-orang Bahrain—baik Kristen maupun Muslim—memiliki nama khusus untuk Paus Fransiskus.

    “Baba Paus” ‘Baba Pope’ mereka memanggilnya, atau “Bapa Paus”, setelah kata Arab untuk “Bapa”, kata Ms. Dhadphale, menambahkan bahwa dia tidak pernah disebut hanya sebagai “Paus”.

    “Saya pikir itu sangat menawan, tetapi juga sangat hormat. Itu memberinya rasa hormat yang pantas dia dapatkan, ”katanya. “Orang Bahrain lokal memanggilnya Baba Pope.

    Pada hari Kamis, surat kabar lokal di Bahrain dipenuhi dengan foto Paus Fransiskus dengan Raja Hamad bin Isa Al Khalifa. Berita utama berfokus pada aspek dialog antaragama dari kunjungannya.

    “Mereka sangat senang dia datang,” kata Ms. Dhadphale, “karena dia mewakili sesuatu yang sangat penting.”

    Paus disambut Raja Bahrain. Franciscus

    Bertemu Raja

    Perjalanan Apostolik ke-39 Paus Fransiskus ke luar negeri dimulai dengan kedatangan pesawat kepausan di Pangkalan Udara Sakhir di Awali, Ibu Kota Bahrain. Ia tiba sekitar pukul 16:36 waktu setempat. Setelah sambutannya di bandara, kunjungan resmi pertama Paus adalah kunjungan kehormatan ke Raja Hamad bin Isa Al Khalifa Bahrain di Istana Kerajaan Sakhir.

    Selama kunjungan ini, ia akan berpidato di Forum Bahrain untuk Dialog, sebuah konferensi yang akan berfokus pada tema: “Timur dan Barat untuk Koeksistensi Manusia.” Bapa Suci juga bertemu dengan otoritas lokal, perwakilan masyarakat sipil, dan anggota korps diplomatik.

    Paus disambuat beberapa anak-anak yang melambaikan bendera Bahrain dan Vatikan. IST

    Lebih dari 200 pemimpin agama dari berbagai belahan dunia diharapkan menghadiri konferensi yang dijadwalkan pada 3-4 November di Bahrain.

    Sisa dari Perjalanan Apostolik ini, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu secara pribadi dengan Imam Besar Al-Azhar, mengadakan audiensi dengan anggota Dewan Tetua Muslim, dan menghadiri pertemuan ekumenis dan doa untuk perdamaian di Katedral Our Nyonya Arab.

    Paus Fransiskus juga akan merayakan Misa Kudus bagi penduduk Katolik negara itu dan pertemuan dengan kaum muda, serta para Uskup setempat, imam, orang bakti, seminaris, dan pekerja pastoral. Bapa Suci dijadwalkan kembali ke Roma pada hari Minggu.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI