27.8 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Emeritus Benediktus XVI: Konsili Vatikan II Sangat Bermakna dan Diperlukan

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berjumpa dengan Paus Emeritus Benediktus XVI pada bulan Agustus yang lalu. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus emeritus Benediktus XVI mengirim surat ke simposium internasional tentang “Eklesiologi Joseph Ratzinger” yang diadakan di Universitas Fransiskan di Steubenville, Ohio, Amerika Serikat. Dalam suratnya itu, ia melihat pentingnya warisan Konsili Vatikan II.

    Ketika Gereja baru-baru ini merayakan peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II, Paus Emeritus Benediktus XVI mengatakan bahwa Vatikan II tidak hanya “bermakna” tetapi “perlu”. Paus Emeritus melakukannya dalam sebuah surat yang dia kirimkan kepada Pastor Dave Pivonka, presiden Universitas Fransiskan di Steubenville, Ohio, yang baru saja menjadi tuan rumah Simposium Internasional ke-10, 20-21 Oktober 2022.

    Dalam surat itu, Benediktus XVI mengatakan, “Suatu kehormatan dan kegembiraan besar bagi saya bahwa di Amerika Serikat, di Universitas Fransiskan Steubenville, sebuah Simposium Internasional mendalami eklesiologi saya, sehingga menempatkan pemikiran dan upaya saya dalam arus besar yang telah bergerak.”

    “Ketika saya mulai belajar teologi pada Januari 1946, tidak ada yang memikirkan Konsili Ekumenis. Ketika Paus Yohanes XXIII mengumumkannya, yang mengejutkan semua orang, ada banyak keraguan apakah itu akan bermakna, bahkan apakah itu akan mungkin sekali, untuk mengatur wawasan dan pertanyaan ke dalam keseluruhan pernyataan konsili dan dengan demikian memberi Gereja arah untuk perjalanan selanjutnya.”

    Untuk pertama kalinya, Benediktus melanjutkan, pertanyaan tentang teologi agama-agama telah menunjukkan dirinya dalam radikalitasnya. Paus emeritus mengakui, untuk hubungan antara iman dan dunia nalar, kedua topik itu tidak pernah diramalkan dengan cara ini sebelumnya.

    Paus Emeritus mengungkapkan harapan tulusnya bahwa Simposium Internasional “akan membantu dalam perjuangan untuk pemahaman yang benar tentang Gereja di zaman ini.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI