29 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Uskup dan Dua Imam Ditangkap Petugas Keamanan di Eritrea

BERITA LAIN

More
    Mgr Fikremariam Hagos Tsalim pemimpin Eparki Eritrea. CNA

    ERITREA, Pena Katolik – Petugas keamanan di Eritrea telah menangkap dan menahan seorang uskup Katolik dan dua imam. Peristiwa penangkapan ini terjadi pada 15 Oktober 2022. Agen keamanan dilaporkan menangkap Uskup Fikremariam Hagos Tsalim di bandara internasional Asmara setelah dia tiba dari Eropa.

    Sebuah sumber di Eritrea yang tidak ingin disebutkan namanya karena alasan keamanan membenarkan laporan media tentang penangkapan Tsalim, pejabat lokal Eparki Segheneity Eritrea, yang akan berusia 52 tahun pada 23 Oktober, dengan mengatakan, “Ya, itu benar. Apa yang dikatakan media itu benar.”

    “Kami hanya membutuhkan doa Anda sekarang,” kata sumber itu kepada ACI Africa.

    Dua pastor Katolik, Pastor Mihretab Stefanos, yang merupakan pastor paroki Paroki St. Mikhael dari Eparki Segheneity, dan Kepala Biara Abraham, anggota Ordo Friars Minor Capuchin (Franciscan Friars), juga ditangkap dan ditahan di penjara Adi Abeto bersama Tsalim, Agenzia Fides melaporkan.

    Para anggota klerus dituduh menyoroti pelanggaran hak asasi manusia di Eritrea dalam homili mereka, kata sumber itu. Pelanggaran hak asasi manusia, tambah sumber itu, termasuk “penjara orang tua (perempuan dan laki-laki), mobilisasi tentara yang layak, orang-orang muda [diambil] secara paksa ke medan perang, penutupan rumah, [dan] penyitaan hewan dari orang-orang itu. yang menolak pergi berperang.”

    Pada bulan Mei, pejabat dari beberapa entitas Kristen yang berbasis di Inggris menyatakan keprihatinan tentang pelanggaran hak asasi manusia yang “terus menerus tidak adil” di Eritrea. Dalam surat yang dikirimkan kepada duta besar Eritrea di Inggris dan Irlandia, pejabat Christian Solidarity Worldwide (CSW), Church in Chains – Irlandia, Release Eritrea, Human Rights Concern – Eritrea, dan Gereja Ortodoks Eritrea di Inggris menyoroti beberapa contoh pelanggaran HAM.

    “Kami tetap prihatin dengan berlanjutnya penahanan yang tidak adil, sewenang-wenang, dan tidak terbatas terhadap puluhan ribu warga Eritrea dalam kondisi yang keras, termasuk ratusan orang Kristen yang dipenjara semata-mata karena iman mereka,” kata pejabat organisasi Kristen dalam surat mereka yang ditujukan pada 20 Mei. kepada Duta Besar Estifanos Habtemariam Ghebreyesus.

    Para pemimpin Kristen juga mengatakan mereka “kecewa dengan laporan tentang nyawa orang Eritrea yang hilang dalam perang di negara tetangga Ethiopia, termasuk wajib militer dan anak di bawah umur.”

    Pada bulan Agustus, pemerintah Eritrea mengambil alih Hagaz Agro-Technical School (HATS), sebuah lembaga pembelajaran Katolik yang didirikan dan dijalankan oleh Brothers of the Christian Schools (LaSalle Brothers).

    Sekolah Agro-Teknik Hagaz “telah memberikan pelatihan dalam mesin pertanian, pemeliharaan tanaman dan hewan, serta konservasi tanah selama 23 tahun terakhir. Penyitaan ini merupakan yang terbaru dari serangkaian penyitaan pemerintah yang terjadi di Eritrea sejak 2019. Pemerintah mengutip peraturan tahun 1995 yang membatasi kegiatan lembaga keagamaan sebagai pembenaran penyitaan properti. Para uskup Katolik di negara Afrika Timur Laut menentang peraturan tersebut, dengan alasan bahwa layanan sosial Gereja tidak bertentangan dengan pemerintah.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI