Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Jawaban Akademi Kepausan untuk Kehidupan Atas Kontroversi Anggota Baru

Papan nama Akademi Kepausan untuk Kehidupan. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Akademi Kepausan untuk Kehidupan mengeluarkan pernyataan Rabu, 19 Oktober 2022. Pernyataan ini sebagai penjelasan atas keputusan Paus Fransiskus yang menunjuk aktivis Pro Aborsi untuk menjadi salah satu anggota biasa (untuk periode lima tahun) di akademi ini. Penunjukkan yang dimaksud adalah masuknya seorang ekonom dan profesor Italia-Amerika di University College London, Mariana Mazzucato, di antara tujuh akademisi yang ditunjuk oleh Paus Fransiskus pada 15 Oktober 2022 untuk masuk dalam akademi ini.

Pada beberapa kesempatan Mazzucato membagikan pandangan pro-aborsinya di Twitter ketika Roe v. Wade dibatalkan oleh Mahkamah Agung AS. Pernyataan itu, dari kantor komunikasi Akademi Kepausan untuk Kehidupan, dikirim ke wartawan yang meliput Vatikan.

Dalam penjelasannya, Akademi Kepausan untuk Kehidupan beralasan bahwa penunjukan Mazzucato dialukan untuk berkontribusi pada dialog interdisipliner, antarbudaya, dan antaragama yang bermanfaat. Pernyataan itu merujuk pada komentar yang dibuat oleh Mgr. Vincenzo Paglia, Presiden dan Rektor Akademi Kepausan untuk Kehidupan.

“Penting bahwa perempuan dan laki-laki dengan keterampilan dalam berbagai disiplin ilmu dan dari konteks yang berbeda memasuki Akademi Kepausan untuk Kehidupan, untuk dialog interdisipliner, antarbudaya, dan antaragama yang konstan dan berbuah,” bunyi siaran pers tersebut.

Inilah sebabnya di kalangan akademisi ada juga orang non-Katolik: dua rabi, seorang akademisi Shinto, Muslim, seorang teolog Anglikan. Akademi Kepausan untuk Kehidupan adalah sebuah badan studi dan penelitian. Jadi perdebatan dan dialog terjadi antara orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Siaran pers mencatat bahwa setiap dokumen yang diterbitkan oleh Akademi Kepausan untuk Kehidupan selalu melalui proses pemeriksaan. Pernyataan itu juga menjelaskan bahwa Paus Fransiskus menominasikan anggota akademi, yang kemudian berhasil melewati proses seleksi.

“Semua Akademisi dipilih dari antara ilmuwan dan pakar yang sangat penting, seperti yang ditegaskan Paus Fransiskus dalam Surat Humana Communitas tahun 2019 kepada Akademi Kepausan untuk Kehidupan. Pencalonan Akademisi Biasa dilakukan oleh Paus,” bunyi pernyataan itu.

Kritik atas Penunjukkan

Seorang dokter Katolik terkemuka menyuarakan kritik keras terhadap penunjukan Muzzucato ini. Dokter asal Spanyol José María Simón Castellví, presiden emeritus Federasi Internasional Asosiasi Medis Katolik (FIAMC), memperingatkan bahwa penunjukan ini “berlawanan dengan apa yang dilakukan oleh Yohanes Paulus II [yang mendirikan Akademi Kepausan untuk Kehidupan pada tahun 1994.

Lebih jauh, dia memperingatkan, penunjukan itu bertentangan dengan “apa yang masuk akal untuk kebaikan Gereja peziarah di bumi ini.”

“Dan para ilmuwan pro-kehidupan yang layak ditinggalkan,” keluhnya.

Meskipun Castellví tidak menyebutkan nama dalam artikelnya, pengangkatan terakhir Paus Fransiskus ke Akademi Kepausan untuk Kehidupan dan termasuk ekonom ateis dan pro-aborsi Mazzucato serta Msgr. Philippe Bordeyne, seorang teolog yang kritis terhadap ensiklik St. Paulus VI Humanae vitae, tentang pengaturan kelahiran.

Castellví mencatat dalam artikelnya bahwa pesta St. Yohanes Paulus II akan datang pada 22 Oktober 2022. Orang suci itu “dalam banyak hal juga disebut Paus Kehidupan dan Keluarga”.

“Dia menciptakan Akademi Kepausan untuk Kehidupan untuk mempelajari cara-cara mendalam untuk mempertahankan kehidupan manusia dan transmisinya dari pembuahan hingga kematian alami,” jelas Castellví.

Restrukturisasi di Akademi Kepausan

Akademi Kepausan untuk Kehidupan dibentuk oleh St. Yohanes Paulus II pada tahun 1994 dengan misi pro-kehidupan untuk mempelajari, memberikan informasi, dan pembinaan tentang masalah-masalah utama biomedis dan hukum, yang berkaitan dengan promosi dan pembelaan kehidupan, di atas segalanya dalam hubungan langsung yang mereka miliki dengan moralitas Kristen dan arahan Magisterium Gereja.

Presiden pertama akademi, Mgr. Jérôme Lejeune, menetapkan peraturan yang mewajibkan anggota akademi untuk menandatangani pernyataan yang menyatakan, “di hadapan Tuhan dan manusia, kami bersaksi bahwa bagi kami setiap manusia adalah pribadi dan bahwa sejak saat embrio terbentuk sampai mati itu adalah manusia yang sama yang tumbuh menjadi dewasa dan mati”.

Namun, pada tahun 2016, dengan penunjukan Mgr. Paglia sebagai presiden Akademi Kepausan untuk Kehidupan, Paus Fransiskus menyetujui statuta baru yang menghilangkan persyaratan bahwa para anggota menyatakan diri mereka “pro-kehidupan”. Namun, undang-undang baru akademi masih mengharuskan anggota untuk menyesuaikan diri dengan ajaran Gereja.

Statuta juga mengatakan anggota, atau akademisi, yang ditunjuk oleh paus, dapat dari agama apa pun, meskipun mereka harus mempromosikan dan membela prinsip-prinsip mengenai nilai kehidupan dan martabat pribadi manusia, ditafsirkan dengan cara yang sesuai dengan Magisterium. dari Gereja. Seorang akademisi dapat dicabut keanggotaannya, statuta mengatakan, dalam kasus tindakan atau pernyataan publik dan disengaja yang secara nyata bertentangan dengan prinsip-prinsip tersebut, atau secara serius menyinggung martabat dan kredibilitas Gereja Katolik dan Akademi itu sendiri.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini