Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Romo Mingdry Hanafi Tjipto, OP Dilantik Menjadi Rektor Pertama Universitas St. Agustinus Hippo Pontianak

Pastor Mingdry Hanafi Tjipto OP mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus dan Provinsial Ordo Pengkotbah Filipina Pastor Filemon I Dela Cruz Jr OP. IST

PONTIANAK, Pena Katolik – Romo Mingdry Hanafi Tjipto, OP dilantik menjadi rektor pertama Universitas St. Agustinus Hippo, di Kapel Universitas St. Agustinus Hippo, Ngabang, Landak, Kalimantan Barat, Rabu, 28 September 2022. Pelantikan ini menandai salah satu babak baru sejarah Universitas St Agustinus (USA). USA ini merupakan, universitas Katolik pertama di Kalimantan.

Pelantikan ini dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustunus Agus. Ia didampingi Provinsial Ordo Pengkotbah Filipina Pastor Filemon I Dela Cruz Jr OP. Selain mengucapkan janji setia sebagai rektor, Romo Mingdry, sapaannya juga mengucapkan pengakuan iman dengan meletakan tangan di atas Kitab Suci.

“Sebagai rektor, saya ingin memberikan kontribusi bagi Kabupaten Landak secara khusus dan Pontianak serta Indonesia pada umumnya. Sebagai universitas Katolik pertama di Pulau Kalimantan kami berkomitmen untuk mendidik para mahasiswa bukan saja soal bidang akademik, tetapi juga mengenai karakter kepribadian,” ujar Romo Mingdry dalam sambutannya.

Selanjutnya, Romo Mingdry menandatangani Surat Keputusan pengangkatan Pastor Mingdry Hanafi Tjipto OP sebagai rector. Romo Mingdry mengatakan USA akan fokus pada penelitian dan pengembangan. Ia meminta kepada para dosen dan mahasiswa agar lebih giat pada penelitian.

Fokus utama dari universitas ini adalah memperhatikan mereka yang kecil, lemah dan tak berdaya. Mgr Agustinus mengatakan pendirian universitas di daerah pinggiran ini ingin memastikan bahwa pendidikan dapat menjangkau orang-orang kecil.

“Pendidikan harus merata tidak saja kepada orang-orang besar tetapi kepada mereka yang tidak berdaya, masyarakat kecil khususnya masyarakat Dayak,” ujarnya.

Mgr. Agustinus berharap sumpah jabatan yang sudah dibuat Pastor Ming hendaknya dipertahankan dan dijalankan sesuai aturan Gereja dan aturan dari pemerintah. Kolaborasi dengan Gereja dan pemerintah provinsi penting untuk terus dikembangkan.

Romo Mingdry mencatat sejarah sebagai rektor pertama universitas USA. Universitas ini merupakan gabungan lembaga pendidikan Katolik yang selama ini sudah berdiri di wilayah pastoral Keuskupan Agung Pontianak. Acara ini dirangkaikan dengan Adorasi Suci yang dipimpin Ketua Yayasan Pastor Johanes Robini Marianto, OP.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini