Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Serukan Perdamaian di Myanmar, Ukraina, dan Kamerun

Pengungsi di Kamerun akibat perang saudara yang berkecamuk. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus meminta perhatian internasional dan perdamaian bagi orang-orang yang menderita di Myanmar, Ukraina, dan Kamerun. Pada Angelus Minggu, 25 September 2022, Paus mengimbau dunia untuk tidak melupakan atau mengabaikan penderitaan penduduk di Myanmar, di mana kekerasan terus menyebabkan kematian dan pengungsian.

Berbicara sebelum memimpin Doa Angelus pada penutupan Misa Kudus di Kota Matera, Italia di mana ia menandai berakhirnya Kongres Ekaristi Nasional, Paus mengatakan bahwa ia sedang memikirkan Myanmar, di mana “selama lebih dari dua tahun negara mulia itu telah menjadi martir.

“Minggu ini, saya mendengar tangisan kesedihan atas kematian anak-anak di sekolah yang dibom. Semoga tangisan anak-anak kecil ini tidak terdengar! Tragedi ini tidak boleh terjadi!”

Ribuan orang tewas sejak militer Myanmar merebut kekuasaan pada Februari 2021 dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. Tindakan itu menjerumuskan negara itu ke dalam apa yang oleh beberapa pakar PBB digambarkan sebagai perang saudara yang baru lahir yang telah menewaskan ribuan orang.

Ukraina

Paus juga menegaskan kembali keprihatinan dan kedekatannya dengan rakyat Ukraina dan menyerukan solusi untuk perang tujuh bulan itu. Dia memanggil Perawan Maria, Ratu Damai, untuk menghibur “orang-orang Ukraina yang mati syahid” dan meminta tindakan dari para pemimpin internasional, agar mereka dapat menemukan “kekuatan kemauan segera untuk menemukan inisiatif yang efektif untuk mengakhiri perang.”

Kamerun

Paus Fransiskus juga mengatakan dia bergabung dalam seruan para uskup Kamerun untuk pembebasan delapan orang yang diculik di keuskupan Mamfe. Mereka yang diculik ini termasuk lima imam dan seorang suster.

“Saya berdoa untuk mereka dan untuk penduduk provinsi gerejawi Bamenda: semoga Tuhan memberikan kedamaian di hati dan kehidupan sosial di negara tercinta itu.”

Para imam dan saudari seagama itu dilaporkan diculik oleh penyerang tak dikenal yang membakar sebuah gereja pada hari Jumat di Kamerun barat. Hal ini diumumkan dalam sebuah pernyataan oleh para Uskup provinsi gerejawi Bamenda.

Keuskupan Mamfe, yang terletak di wilayah barat daya Kamerun. Keuskupan ini masuk dalam salah satu dari dua wilayah bergolak di Kamerun. Di kedua lokasi ini separatis telah berperang melawan pemerintah federal sejak 2017.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini