Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Sudah saatnya umat manusia mengubah arah

Pena Katolik, Vatikan- Dalam sebuah wawancara dalam rangka peringatan 130 tahun surat kabar Neapolitan, Paus Fransiskus membahas berbagai topik, mulai dari perang hingga kesulitan di selatan Italia hingga dunia. Paus Fransiskus sekali lagi menekankan perlunya mengatasi masalah perang, pandemi dan kemiskinan yang sedang berlangsung dengan bekerja sama untuk kebaikan bersama.

“Hanya dengan menemukan apa yang menyatukan kita, saudara dan saudari, kita akan menemukan jalan keluar dari krisis yang kita alami, yang tidak dimulai hari ini.”

Paus Fransiskus menegaskan tentang perlunya “mengubah arah,” dengan mengatakan bahwa kita semua ditantang untuk melakukannya. Hari ini, katanya, “adalah waktu percobaan, waktu untuk memilih… Ini adalah waktu untuk mengatur ulang jalannya.” Secara khusus, ia menunjukkan perlunya pembangunan berkelanjutan dan integral serta cara-cara baru untuk memahami ekonomi dan kemajuan; keringanan utang untuk negara-negara berkembang; dan kebutuhan untuk mengakhiri eksploitasi bumi, perlombaan senjata; dan, eksploitasi manusia, terutama anak-anak.

Untuk menanggapi krisis ini, Paus mengatakan kreativitas yang diarahkan untuk kebaikan bersama diperlukan, sambil mengulangi sekali lagi bahwa jalan yang kita pilih adalah penting. Keadilan dan pengampunan adalah pilar perdamaian sejati

Mengatasi masalah perang, Paus Fransiskus mengatakan bahwa hari ini kita diukur dengan perang di Ukraina, tetapi juga oleh banyak perang lainnya. Dia mengutip St Yohanes Paulus II, yang menulis setelah serangan teroris pada 9/11, mengatakan bahwa “tatanan yang hancur tidak dapat dipulihkan sepenuhnya sampai keadilan dan pengampunan digabungkan.”

“Pilar perdamaian sejati adalah keadilan dan pengampunan yang merupakan bentuk cinta tertentu,” katanya.

Paus Fransiskus menambahkan, “Ada waktu untuk segalanya. Sebelum pengampunan datang penghukuman kejahatan. Namun, sangat penting untuk tidak memupuk perang, tetapi untuk mempersiapkan perdamaian, untuk menabur perdamaian.

Paus juga membahas masalah kepedulian terhadap lingkungan, terutama dalam konteks Terra dei Fuochi (“tanah api”) di dekat Napoli dan banjir dahsyat baru-baru ini di wilayah Marche Italia. Dia mengulangi sekali lagi bahwa “semuanya terhubung,” mengatakan kita harus “mulai lagi” dari kesadaran ini.

“Hari ini, sangat diperlukan, bahwa setiap orang dan seluruh komunitas internasional menganggap sebagai prioritas komitmen ekologis untuk tindakan kolegial, berbasis solidaritas, dan berpandangan jauh ke depan,” tegas Paus Fransiskus.

Wawancara dengan Bapa Suci menyentuh sejumlah topik lain termasuk peran Gereja dalam politik yang digambarkan oleh paus sebagai “seni perjumpaan” dan “bentuk amal tertinggi”; “momok” kejahatan terorganisir; dan apa yang dapat dipelajari dunia dari Global South dalam hal solidaritas dan hubungannya dengan waktu, dengan sejarah, dan dengan tanah. (Samuel/Pena Katolik)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini