Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Beberapa Unsur Liturgi Katolik dalam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Vaticen News.

LONDON, Pena Katolik – Dunia barus aja melepas kepergian Ratu Elizabeth II, raja terlama Inggris Raya. Namun, apabila diperhatikan ada beberapa unsur Katolik dalam rangkaian prosesi pemakaman penguasa Inggris terlama itu.

  1. Westminster Abbey

Westminster Abbey (Gereja St. Peter’s Collegiate) didirikan saat Gereja Inggris masih belum memisahkan diri dengan Gereja Katolik. Gereja ini didirikan oleh St. Dunstan dan Raja Edgar. Tempat ini sebelumnya merupakan rumah bagi para biarawan Benediktin sampai biara-biara dibubarkan oleh Raja Henry VIII.

Biara ini didedikasikan untuk St. Peter, uskup pertama Gereja Roma. Gereja Anglikan percaya raja sebagai kepala Gereja, melihat Paus memiliki peran yang begitu menonjol.

  • Seorang Katolik Membawakan Bacaan Pertama

Petugas yang membacakan bacaan pertama pada kebaktian Pemakaman Ratu adalah Sekretaris Negara Persemakmuran, Baroness Janet Scotland yang adalah seorang Katolik. Ia lahir di Dominika dari sebuah keluarga dengan 12 anak. Dia beremigrasi ke Inggris ketika dia berusia dua tahun. Sebelum menempati jabatannya sekarang, ia bergabung dalam pemerintah dan menjadi anggota kabinet Inggris. Melihat orang kulit hitam Katolik menjadi pusat perhatian dalam kebaktian doa itu berarti tidak hanya bagi negara asal Karibia Baroness, tetapi juga bagi umat Katolik di mana-mana.

  • Seorang kardinal berdoa di pemakaman

Raja Charles III sangat terbuka tentang pentingnya mengadakan dialog ekumenis dan antaragama. Uskup Agung Westminster, Kardinal Vincent Nichols mengambil bagian dalam prosesi pemakaman. Ia adalah pendeta Katolik pertama yang terlibat dalam pemakaman kerajaan selama berabad-abad. Ini barang kali menjadi tanda besar tekad raja baru untuk menciptakan persatuan di antara semua agama di kerajaannya. Kardinal Nichols, presiden Konferensi Waligereja Inggris dan Wales, diminta untuk memimpin salah satu doa syafaat, meminta Tuhan untuk “roh saling menghormati dan menghormati.”

Para pemimpin Katolik Inggris juga hadir di pemakaman: untuk Skotlandia, Uskup Agung St. Andrews dan Edinburgh; Uskup Agung Leo Cushley; untuk Wales, Uskup Agung Mark O’Toole dari Cardiff; dan menteri luar negeri Vatikan, Uskup Agung Paul Gallagher, berada di sana untuk mewakili Paus Fransiskus (Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan, yang biasanya mewakili paus, sudah berada di New York, di mana dia akan berbicara di Majelis Umum PBB minggu ini) .

Mengingat tidak ada uskup Katolik yang hadir pada pemakaman ayah Ratu, George VI, penyertaan Kardinal Nichols dalam kebaktian itu sangat berarti. Sebagai mantan pendeta kerajaan Anglikan Ratu untuk Ratu Elizabeth, Gavin Ashenden, yang masuk Katolik pada 2019, berbagi, menurut OSV:

  • Seorang komposer Katolik

Sir James MacMillan, yang dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu sendiri, dipilih untuk membuat komposisi berjudul “Who Can Separate Us?” yang dinyanyikan sebagai lagu terakhir pada prosesi pemakaman. Komposisi oleh komposer Katolik terkemuka adalah suatu kehormatan khusus yang akan dicatat dalam sejarah.

  • Tiupan Trompet “Skye Boat Song”

Saat Ratu berjalan ke tujuan terakhirnya, Kapel St. George di Windsor, komposisi “Skye Boat Song” yang indah dimainkan oleh para peniup piper (trompet). Lagu itu sendiri adalah tentang pelarian seorang Katolik, Bonnie Prince Charlie dari pasukan pemerintah ke Isle of Skye setelah Pertempuran Culloden pada tahun 1746. Yang terakhir dari Stuart Skotlandia, ia mencoba untuk mendapatkan kembali takhta bagi umat Katolik tetapi kalah. Seandainya dia memenangkan klaimnya atas takhta, dia akan menjadi Charles III.

  • Sebuah doa yang ditulis oleh salah satu teolog besar Gereja Katolik

Jika anda mendengarkan upacara di Windsor setelah pemakaman, di kapel yang penuh sejarah, dibacakan Doa Malam yang ditulis St. John Henry Newman, seorang imam Anglikan yang kemudian menjadi kardinal Katolik.

Ya Tuhan, dukung kami sepanjang hari,

Sampai bayang-bayang memanjang

dan malam pun datang,

dan dunia yang sibuk menjadi hening,

dan demam hidup sudah berakhir,

dan pekerjaan kita selesai.

Kemudian dalam rahmat-Mu,

beri kami tempat tinggal yang aman dan tempat peristirahatan yang suci,

dan damai pada akhirnya. Amin

  • Kehadiran Raja Charles

Menarik untuk dicatat, dua raja dengan nama penguasa yang sama “Charles”, keduanya terikat pada Gereja dan iman Katolik. Sementara Charles I tentu saja bersimpati dengan umat Katolik, dan bahkan menikahi seorang Katolik. Sementara Charles II memeluk agama Katolik di ranjang kematiannya.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini