26.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Kekristenan Terus Berkembang di Dunia Arab

BERITA LAIN

More
    Vikaris Apostolik Arab Selatan Mgr Paul Hinder. IST

    BAHRAIN, Pena Katolik – Vikaris Apostolik Emeritus Arab Selatan, Mgr Paus Hinder melihat ada peningkatan kehidupan umat Kristiani di Dunia Arab. Perkembangan ini terjadi di sebagian besar negara di Semenanjung Arab. Meski begitu, Mgr Hinder mengatakan, kegiatan misionaris dan pembaptisan Muslim pribumi tetap dilarang keras.

    Uskup Kapusin dari Thurgau, Swis itu merayakan ulang tahunnya yang ke-80 pada 22 April 2022. Ia mengajukan pengunduran diri kepada Paus Fransiskus karena alasan usia yang disetujui pada 1 Mei 2022. Saat ini, , mencatat bahwa tindakan itu Gereja di wilayah ini pada dasarnya adalah pelayanan pastoral para migran.

    Gereja Katolik di Semenanjung Arab Muslim memiliki antara dua setengah juta dan tiga juta umat beriman lebih dari 100 kebangsaan. Meskipun dilarang untuk menyebarkan agama di kalangan Muslim, konversi non-Muslim cukup sering terjadi misalnya di Uni Emirat Arab, Oman dan Yaman, juga di Kuwait, Bahrain, Qatar dan Arab Saudi.

    Kunjungan Paus ke Bahrain

    Dalam perjalanan pulangnya dari Kazakhstan, Paus Fransiskus telah mengumumkan rencana untuk mengunjungi Kerajaan Bahrain November mendatang, di mana ia dapat mengunjungi katedral pertama negara itu, Our Lady of Arabia, di Awali, yang ditahbiskan pada 10 Desember 2021. Mgr Hinder mengomentari situasi umat Kristen saat ini di Jazirah Arab, situasi hak asasi manusia menjelang Piala Dunia FIFA di Qatar, perang di Yaman, dan menyoroti pesan apa yang dibawa pada kunjungan Paus Fransiskus pada tahun 2019 ke Abu Dhabi.

    Mengenai Bahrain, Mgr. Hinder menggarisbawahi bahwa kerajaan telah lama menerapkan kebijakan agama yang cukup liberal, misalnya pemberian kewarganegaraan kepada orang-orang Kristen tertentu. Beberapa negara lain, terutama Uni Emirat Arab, juga telah secara signifikan meningkatkan kondisi orang Kristen dalam beberapa dekade terakhir.

    Masjid Maria Bunda Yesus yang menjadi salah satu tanda persaudaraan Islam-Kristen di Dunia Arab. IST

    Mgr Hinder mencatat bahwa tindakan Gereja, di luar pengawasan pastoral umat beriman di dalam paroki, pada umumnya tidak diinginkan atau diizinkan. Tetapi kegiatan amal dilakukan cukup intensif oleh kelompok atau asosiasi tertentu di paroki.

    Ada juga beberapa sekolah yang dikelola Gereja. Di Uni Emirat Arab, tujuh sekolah dijalankan oleh Gereja dan satu di Bahrain. Selain itu, ada delapan sekolah swasta yang dikelola oleh jemaah di Uni Emirat Arab dan Kuwait. Di sisi lain, sampai saat ini tidak ada lembaga lain, seperti universitas atau rumah sakit, yang akan berada di bawah arahan Gereja.

    Di Arab Saudi, situasinya paling bermasalah, bahkan jika relaksasi tertentu telah terjadi di sana selama 15 tahun terakhir”. Di negara ini, kekuasaan polisi agama – Mutawa atau disebut juga Komite Pemajuan Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan – telah berkurang.

    Mgr Hinder mengatakan bahwa orang Kristen diperbolehkan untuk bertemu untuk beribadah di tempat pribadi, tetapi mereka harus memastikan bahwa jumlah mereka biasanya tidak melebihi 50. Mereka harus berhati-hati agar tidak mengganggu penduduk setempat, misalnya dengan bernyanyi dan bermain musik atau parkir kendaraan mereka di properti mereka.

    Selama bertahun-tahun, beberapa imam telah aktif di negara yang luas ini di antara umat Katolik, yang diorganisasikan ke dalam empat paroki dengan cabang. “Tidak ada gereja batu atau beton, tetapi komunitas yang cukup hidup yang hidup dan diam-diam merayakan iman mereka,” lanjut uskup.

    Situasi beberapa orang Kristen yang masih tinggal di Yaman saat ini adalah yang paling sulit karena perang. Sebelum dimulainya permusuhan pada Maret 2015, Mgr Hinder mengunjungi empat paroki di negara itu setidaknya setahun sekali. Tapi sejak itu, ini tidak mungkin lagi.

    Pada awal Maret 2016, di Aden, para biarawati dan kolaborator yang bekerja di sebuah rumah perawatan yang dikelola oleh Suster-Suster Cinta Kasih Bunda Teresa diserang dan sebagian besar dari mereka dibunuh.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI