Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Situasi Geopolitik Perjalanan Paus Fransiskus ke Kazakhstan

Paus Fransiskus berangkat ke Kazakhstan. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengawali kunjungan apostoliknya ke Kazakhstan, negara mayoritas Muslim yang terjepit di antara Rusia dan China. Paus mengatakan bahwa dia melihat perjalanan ke negara bekas Soviet itu sebagai “kesempatan untuk bertemu banyak perwakilan agama dan untuk terlibat dalam dialog sebagai saudara, yang diilhami oleh keinginan bersama untuk perdamaian, perdamaian yang haus dunia kita.”

Kunjungan ini akan berlangsung antara 13-15 September 2022. Aktivitas Paus akan berfokus di Ibu Kota Kazakhtan, Nur-Sultan, sebelumnya dikenal sebagai Astana. Kunjungan ini, geopolitik pasti akan memainkan peran dalam “ziarah dialog dan perdamaian” Paus Fransiskus.

Rusia

Perang Rusia di Ukraina membayangi latar belakang perjalanan Paus Fransiskus ke Asia Tengah, sedemikian rupa sehingga pesawat kepausan akan berusaha menghindari terbang melalui wilayah udara Rusia pada 12 September 2022 dan sebaliknya akan terbang lebih jauh ke selatan.

Kazakhstan dan Rusia berbagi perbatasan 4.750 mil dan bekas negara Soviet itu secara historis dianggap sebagai sekutu terbesar Moskow setelah Belarus. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev telah mencoba untuk menyeimbangkan hubungan negara itu dengan Moskow meski tetap terbuka ke Barat.

Sekitar 18% populasi Kazakhstan adalah etnis Rusia, beberapa di antaranya adalah keturunan dari para penyintas kamp kerja paksa Soviet yang didirikan di negara tersebut. KTT antaragama di Nur-Sultan pada awalnya diharapkan menjadi tempat pertemuan bagi Paus Fransiskus dan Patriark Kirill dari Moskow, kepala Gereja Ortodoks Rusia. Namun, Sang Patriark mengurungkan niatnya bulan lalu. Sebaliknya, Paus Fransiskus kemungkinan akan bertemu dengan Metropolitan Antonij, kepala baru Departemen Hubungan Luar Negeri Patriarkat Moskow.

Dalam pidato Paus kepada para diplomat Takhta Suci pekan lalu, ia menggarisbawahi bahwa perang di Ukraina adalah “perang yang sangat serius, karena pelanggaran hukum internasional, risiko eskalasi nuklir dan konsekuensi ekonomi dan sosial yang drastis.”

Islam

Dua dekade setelah St. Yohanes Paulus II mengunjungi Kazakhstan pada September 2001 setelah serangan teroris 11 September, kunjungan Paus Fransiskus sebagian akan berfokus pada dialog antaragama antara Muslim dan Katolik.

Sebagian besar penduduk Kazakhstan adalah Muslim Sunni (72%), dengan Kristen Ortodoks membentuk sekitar seperempat bagian penduduk Kazakhstan. Presiden Tokayev telah menyoroti sejarah toleransi antaragama di negara itu. Namun, pada tahun 2022, Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional merekomendasikan menempatkan Kazakhstan dalam Daftar Pengawasan Khusus Departemen Luar Negeri berdasarkan pelanggaran kebebasan beragama.

Sebagai peserta Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7, Paus Fransiskus akan berkesempatan bertemu dengan beberapa pemimpin Muslim yang menghadiri kongres tersebut, termasuk perwakilan dari Arab Saudi, Iran, Mesir, Turki, dan seluruh Asia Tengah.

Paus Fransiskus juga akan memiliki kesempatan untuk bertemu lagi dengan Ahmed el-Tayeb, imam besar al-Azhar, yang dengannya paus menandatangani deklarasi bersama tentang persaudaraan manusia pada tahun 2019 di Abu Dhabi.

Tiongkok

Sebagai koridor bersejarah Jalur Sutra, Kazakhstan dikenal sebagai negara yang menghubungkan Timur dan Barat.

Tetangga Kazakhstan dan Tiongkok terus memiliki hubungan dekat dengan investasi Tiongkok skala besar di sumber daya alam negara Asia Tengah melalui Belt and Road Initiative. Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengumumkan rencananya untuk “jalan sutra baru” di ibukota Kazakhstan pada tahun 2013. Kereta api Kazakh berfungsi sebagai saluran perdagangan utama antara Tiongkok dan Uni Eropa melalui Rusia.

Khususnya, Kazakhstan berbatasan dengan wilayah Xinjiang Tiongkok, di mana Komisaris Tinggi PBB telah menemukan bahwa pemerintah Tiongkok telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang serius.

Muslim Uyghur di Tiongkok telah menghadapi penyiksaan, penahanan, dan kekerasan seksual, menurut laporan PBB 1 September, yang menemukan bahwa penganiayaan terhadap minoritas agama dapat dianggap sebagai “kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Meskipun demikian, Kazakhstan belum memberikan suaka politik kepada para pengungsi Xinjiang. Ribuan orang Kazakh memiliki ikatan keluarga dengan Xinjiang dan lebih dari 200.000 orang Uyghur tinggal di Kazakhstan. Sementara Kazakhstan adalah rumah bagi beberapa kritikus vokal pertama yang bersaksi tentang penindasan brutal Tiongkok terhadap Uyghur pada tahun 2017, para pembela hak asasi manusia telah menganggap Kazakhstan sebagai “tempat bermusuhan bagi para korban Xinjiang.”

Tahun lalu Kazakhstan melarang Gene Bunin, pendiri Database Korban Xinjiang, memasuki wilayah tersebut. Kementerian luar negeri Tiongkok juga berterima kasih kepada pemerintah Kazakhstan atas “pemahaman dan dukungannya terhadap posisi Tiongkok” di Xinjiang pada 2019.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini