Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Akankah Paus Fransiskus Bertemu Xi Jinping di Kazakhstan Minggu Depan?

Paus Fransiskus. Vatican News

KAZAHKSTAN, Pena Katolik – Presiden Tiongkok Xi Jinping diperkirakan akan mengunjungi Kazakhstan pada hari yang sama dengan kedatangan Paus Fransiskus di negara Asia Tengah itu minggu depan. Kementerian Luar Negeri Kazakhstan telah mengumumkan, bahwa Xi akan bertemu dengan Presiden Kazakstan Kassym-Jomart Tokayev pada 9 September 2022. Waktu itu bersamaan dengan kunjungan tiga hari Paus ke ibu kota negara itu, Nur-Sultan.

Kunjungan bertepatan Fransiskus dan Xi datang ketika Takhta Suci dan Tiongkok sedang dalam negosiasi mengenai pembaruan perjanjian sementara tentang penunjukan uskup di Tiongkok. Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin mengatakan dalam sebuah wawancara televisi Italia pada 9 September 2022, bahwa delegasi Vatikan telah kembali dari Tiongkok. Ia juga mengatakan, bahwa perjanjian itu akan diperbarui pada musim gugur ini.

Ini akan menjadi kedua kalinya perjanjian dengan Beijing diperbarui sejak Tahta Suci pertama kali menandatanganinya pada September 2018. Beijing memutuskan hubungan diplomatik dengan Tahta Suci pada tahun 1951 setelah Mao Zedong berkuasa dalam Revolusi Komunis Tiongkok dan mengusir misionaris dari Tiongkok.

Tanpa hubungan diplomatik, pertemuan potensial antara Xi dan Paus Fransiskus tidak akan resmi. Selama ini, tidak pernah ada pertemuan antara seorang Paus dan presiden Tiongkok dalam sejarah Gereja.

Sebuah sumber yang bekerja di parlemen Kazakhstan mengatakan kepada CNA bahwa “secara teoritis mungkin” bahwa Paus dan Presiden Xi dapat bertemu. Paus Fransiskus akan berpartisipasi dalam Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional di Kazakhstan pada 9 September 2022.

Paus dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan pribadi dengan beberapa peserta KTT antaragama pada siang hari pada 11 September 2022.

Namun, kecil kemungkinan pemimpin Tiongkok itu akan ambil bagian dalam pertemuan puncak para pemimpin Muslim, Kristen, dan agama lainnya. Xi mendapat kecaman internasional yang meningkat atas penganiayaan brutal Tiongkok terhadap Muslim Uyghur di wilayah Xinjiang, Tiongkok barat laut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menerbitkan laporan pada 9 September 2022 yang mendokumentasikan “pelanggaran hak asasi manusia yang serius” di Xinjiang, termasuk pola penyiksaan, penahanan, dan kekerasan seksual terhadap minoritas agama di Tiongkok. Kazakhstan akan menjadi perjalanan resmi pertama Xi di luar Tiongkok sejak dimulainya pandemi COVID-19, di mana ia mengawasi penguncian paling ketat di dunia.

Menurut Wall Street Journal, perjalanan Xi ke Asia Tengah juga dapat mencakup pertemuan di Uzbekistan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Sehari sebelum berita tentang kunjungan mendatang Xi ke Kazakhstan diumumkan, mantan wakil presiden Taiwan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan bahwa mantan Wakil Presiden, Chen Chien-jen, mengikuti di beatifikasi Yohanes Paulus I pada 4 September 2022 sebagai perwakilan Taiwan. Chen menulis di media sosial bahwa dia “diterima secara khusus” oleh Paus menjelang beatifikasi dan meminta Paus Fransiskus “berdoa untuk orang-orang Taiwan.”

Tahta Suci adalah salah satu dari hanya 14 negara yang memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, secara resmi Republik Tiongkok, dan satu-satunya entitas di Eropa yang mengakui Taiwan sebagai sebuah negara.

Beijing memandang Taiwan sebagai provinsi pemberontak dan telah menekan negara-negara untuk mengakhiri hubungan dengan Taiwan, mempengaruhi tujuh negara untuk mengalihkan hubungan diplomatik mereka dari Taipei ke Beijing sejak 2016. Secara luas diyakini bahwa Beijing akan menuntut pemutusan hubungan dengan Taiwan sebagai prasyarat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dengan Tahta Suci.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini