Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Seorang Ibu Penderita Kanker Stadium Akhir Memilih Mempertahankan Kehamilannya dan Berhasil

Jessica Hanna dan anak perempuannya yang baru saja dilahirkan. CNA

DETROIT, Pena Katolik – Jessica Hanna, seorang ibu dari empat anak, didiagnosis menderita kanker payudara stadium akhir ketika dia hamil 14 minggu. Beberapa dokter menyarankan dia untuk melakukan aborsi tetapi dia menolak, memilih hidup sebagai gantinya.

Jessica menggambarkan bagaimana kehamilan ini sangat berbeda dari tiga kehamilan sebelumnya. Ia mengatakan, “Ini adalah Tuhan yang memanggil saya untuk sesuatu yang begitu besar.”

Sebelum hamil, Hanna sempat melihat ada penyok di payudaranya. Dokter salah mendiagnosis dengan mengatakan itu kanker jinak. Dua minggu kemudian dia mengetahui bahwa dia hamil. Dia meminta dokter untuk memeriksanya lagi. Kemudian menjadi jelas bahwa dia menderita kanker payudara. Awalnya, dokter mengira itu adalah tumor kecil stadium 1. Namun, setelah menjalani operasi, dia diberitahu bahwa tumornya berukuran 13 sentimeter, dan stadium 4 yang berarti kankernya kemungkinan besar sudah stadium akhir.

Sebagai seorang Katolik, Hanna beralih ke imannya untuk membantunya melewati masa-masa sulit. Setiap perawatan kemoterapi, dia berdoa di makam Bapa Terberkati Solanus Casey, calon santo yang jenazahnya dimakamkan di Detroit, kota kelahirannya.

“Saya berdoa di makamnya agar saya disembuhkan secara ajaib dan agar putra saya keluar dengan cantik dan sehat,” kenangnya.

Santo lain yang dia tuju adalah St. Gianna Beretta Molla. St. Gianna juga didiagnosis dengan penyakit yang mengancam jiwa saat hamil. Hanna menjelaskan, seperti halnya St. Gianna, ia memilih melakukan perawatan selama kehamilan yang tidak membahayakan bayinya.

“Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kemoterapi sebenarnya cukup aman selama kehamilan. Saya memilih jalan tengah bahwa saya akan melakukan beberapa kemoterapi dengan beberapa modifikasi, dan dia adalah inspirasi besar bagi saya.”

Setelah didiagnosis, dia merasa Tuhan memanggilnya untuk sesuatu. Tidak yakin dengan masa depannya sendiri, dia membuat akun media sosial dua hari setelah diagnosisnya untuk berbagi perjalanannya dengan orang lain dan membuat komunitas doa di mana dia bisa berdoa dengan pengikutnya dan mempersembahkan penderitaannya untuk niat mereka.

“Saya pikir tidak ada penderitaan yang harus disia-siakan,” kata Hanna. “Saya tidak tahu kemana Tuhan membawa saya. Apakah dia akan membawa saya ke jalan di mana saya perlu menunjukkan kepada orang-orang bagaimana mati dengan anggun, dengan rahmat dan belas kasihan-Nya? Atau apakah dia akan menunjukkan keajaiban?”

 “Saya memutuskan untuk menggunakan media sosial bahwa apa pun yang Anda pikir akan terjadi, kepercayaan kepada Tuhan adalah yang paling penting. Bahwa Anda akan meninggalkan keinginan Anda sendiri dan Anda akan pergi di kaki Salib dan biarlah Dia yang mengurusnya.”

Hanna menawarkan tiga nasihat kepada wanita yang menemukan diri mereka dalam situasi yang sama. Pertama, sebagai seorang apoteker, ia mendorong wanita untuk selalu mencari beberapa pendapat medis sebelum mengambil keputusan. Dia menerima delapan hingga 10 pendapat sebelum melanjutkan perawatan.

Kedua, pergi dan berdoa devosi kepada Bunda Maria. “Perawan Maria yang Terberkati adalah seseorang yang tahu bagaimana rasanya memiliki kesedihan ketika datang ke anak Anda dan ketakutan. Jadi, jika Anda pergi kepadanya, dia akan mengambil ketakutan itu, dia akan membawanya kepada Putranya dan dia akan memohon dengan agar Dia melepaskan dan membawa belas kasihan-Nya kepada Anda dan anak Anda.

Terakhir, satukan penderitaan Anda dengan Salib Kristus. Setelah dia melahirkan, hasil pemindaiannya jelas – tidak ada tanda bahwa kanker telah menyebar ke organ atau kelenjar getah bening lainnya. Diagnosanya yang dulunya terminal sekarang bisa disembuhkan. Saat ini, dia menamai putranya Thomas Solanus. Peristiwa kesembuhan ini telah diajukan untuk menjadi dasar kanonisasi Venerabilis Solanus Casey.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini