Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus Memimpin Misa Beatifikasi Yohanes Paulus I, “Mari Sambut ‘Senyuman Jiwa’”

Misa Beatifikasi Yohanes Paulus I pada 4 September 2022 di Lapangan St Petrus Vatikan. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Di bawah tintik hujan, Paus Fransiskus memimpin beatifikasi Paus Yohanes Paulus I, di Lapangan St Petrus Vatikan, 4 September 2022. Paus Fransiskus mengingat bagaimana senyum Beato Yohanes Paulus I yang mengkomunikasikan kebaikan Tuhan. Dia mendorong semua orang untuk belajar dari Tuhan tentang bagaimana mencintai tanpa batas dan menjadi Gereja dengan wajah bahagia, tenang, dan tersenyum, yang tidak pernah menutup pintu.

Mengingat contoh “paus yang tersenyum,” itu, Paus Fransiskus memimpin beatifikasi Beato Yohanes Paulus I, sedangkan Kardinal Marcello Semeraro memimpin Misa. Paus Fransiskus membacakan Doa Beatifikasi sebagai puncak dari prosesi beatifikasi pada hari Minggu itu. Beatifikasi ini dihadiri 25 ribu yang hadir di bawah guyuran hujan dan kemudian disinari matahari.

Dalam homilinya, Paus Fransiskus mengenang bagaimana dalam Injil hari Minggu kita mendengar banyak orang mengikuti Yesus yang memberi mereka pesan yang menantang. Menjadi murid Yesus berarti mengesampingkan keterikatan duniawi, mencintai Dia lebih dari keluarganya sendiri, memikul tanggung jawab. salib yang kita pikul dalam hidup kita.

Paus mengamati bahwa nasihat Tuhan ini kontras dengan apa yang sering kita lihat di dunia kita, di mana orang banyak diambil oleh karisma seorang guru atau pemimpin, melampirkan harapan mereka untuk masa depan berdasarkan emosi, tetapi mereka menjadi lebih rentan terhadap itu, yang malah dengan cerdik memanfaatkan mereka, memberi tahu mereka apa yang ingin mereka dengar untuk keuntungan, kemuliaan atau kekuasaan mereka sendiri, mengambil keuntungan dari ketakutan dan kebutuhan masyarakat.

Gaya Tuhan berbeda

Paus menjelaskan bahwa cara Tuhan berbeda, karena Dia tidak mengeksploitasi kebutuhan atau kerentanan kita, atau menawarkan janji dan bantuan yang mudah. Tuhan tidak tertarik pada kerumunan besar, atau mencari persetujuan, lanjut Paus, menunjukkan bahwa Tuhan tampak lebih khawatir tentang mereka yang mengikuti dengan antusias tetapi tanpa pemahaman yang lebih mendalam tentang apa yang dibutuhkan.

“Alih-alih menyerah pada daya pikat popularitas, (Yesus) meminta setiap orang untuk membedakan dengan cermat alasan mereka mengikuti Dia dan konsekuensi yang akan ditimbulkannya,” ujar Paus Fransiskus.

Banyak orang di antara orang banyak yang diceritakan dalam pembacaan Injil berharap Yesus akan menjadi pemimpin mereka dan membebaskan mereka dari musuh-musuh mereka. Tuhan meminta sikap yang berbeda dari kita, kata Paus, dia ingin para muridnya tidak memilih apa pun selain cinta ini, bahkan daripada kasih sayang terdalam dan harta terbesar mereka.

“Mengikuti-Nya tidak berarti menjadi bagian dari pengadilan atau prosesi kemenangan, atau bahkan menerima polis asuransi seumur hidup. Sebaliknya, itu berarti “memikul salib” (Luk 14:27): memikul, seperti dia, beban sendiri dan orang lain, menjadikan hidup seseorang sebagai hadiah, menghabiskannya dalam meniru cintanya yang murah hati dan penuh belas kasihan kepada kita. Ini adalah keputusan yang melibatkan totalitas hidup kita,” ujar Paus.

Mengingat teladan Beato Yohanes Paulus I, Paus Fransiskus mengingat bagaimana Beato yang baru itu menghayati sukacita Injil, tanpa kompromi, penuh kasih sampai akhir. Dia tidak mencari kemuliaannya sendiri, tetapi hidup sebagai “pendeta yang lemah lembut dan rendah hati”.

“Dengan senyuman, Paus Yohanes Paulus berhasil mengomunikasikan kebaikan Tuhan. Betapa indahnya Gereja dengan wajah bahagia, tenteram dan tersenyum, yang tidak pernah menutup pintu, tidak pernah mengeraskan hati, tidak pernah mengeluh atau menyimpan dendam, tidak menjadi marah atau tidak sabar, tidak terlihat muram atau menderita nostalgia masa lalu.”

Sebagai penutup, Paus mendorong untuk meminta Beato Yohanes Paulus I untuk membantu memperoleh dari Tuhan “senyuman jiwa”. Ia mengajak umat berdoa dengan kata-katanya sendiri: “Tuhan terimalah aku apa adanya, dengan kekuranganku, dengan kekuranganku , tapi buat aku menjadi apa yang kamu inginkan.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini