30.2 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Uskup Shaanxi, Tiongkok, Mgr Yohanes Baptis Ye Ronghua yang Pernah di Kamp Kerja Paksa Meninggal pada Usia 91 tahun

BERITA LAIN

More
    Mgr John Baptist Ye Ronghua. IST

    BEJING, Pena Katolik –  Uskup Ankang (Shaanxi), Tiongkok Mgr John Baptist Ye Ronghua meninggal pada usia 91 tahun, 28 Agustus 2022. Ia adalah uskup Tiongkok pertama di tempat yang dulunya Prefektur Apostolik Hinganfu. Wilayah pastoral ini menjadi Keuskupan Hanzhong pada tahun 1928. Keuskupan ini dilayani oleh Para Imam Conventual Italia sampai pengusiran misionaris asing tahun 1950.

    Mgr. Ye lahir pada 20 Juni 1931 dari keluarga Katolik di Shankou, sebuah desa dekat Hanzhong. Rilayah ini adalah salah satu keuskupan tempat misionaris PIME melakukan pelayanan mereka di Tiongkok. Di sinilah pada tahun 1900 kemartiran Santo Alberico Criscitelli terjadi.

    Pada bulan September 1945, Ye Ronghua yang masih sangat muda, memasuki seminari kecil St Joseph di Hanzhong, kemudian dipindahkan ke seminari regional di Kaifeng (Henan). Kedua sekolah tersebut didirikan dan dijalankan oleh misionaris PIME.

    Di Shaanxi, pelatihan imam tiba-tiba berakhir ketika Mao dan kaum revolusionernya merebut kekuasaan. Akibatnya, calon uskup harus menghentikan studinya pada tahun 1958 dan kembali ke Hanzhong sebelum dia dapat ditahbiskan.

    Tahun 1966 saat terjadi Revolusi Kebudayaan, Ye Ronghua mendapati dirinya dicap sebagai “kontra-revolusioner” dan dikutuk untuk dididik ulang melalui kerja paksa. Hanya setelah periode penganiayaan yang panjang ia ditahbiskan pada 10 Desember 1981.

    Pada tahun 1987, Uskup Xian Mgr Anthony Li Duan, salah satu tokoh terbesar dalam sejarah Gereja di Tiongkok modern, mengirimnya ke Ankang, di bekas Prefektur Apostolik Hinganfu, yang bertugas membangun kembali komunitas Katolik kecil di daerah yang sangat miskin ini. dari Shanxi.

    Pada 10 Desember 2000, Uskup Li Duan menahbiskan Ye Ronghua sebagai uskup “resmi” Ankang, yang segera juga diakui oleh Takhta Suci. Mereka yang berkesempatan bertemu dengannya mengatakan bahwa prelatus itu masih ingat dengan jelas nama-nama misionaris PIME yang pernah mengajarnya di seminari.

    Karena sakit, ia meminta dibantu uskup koajutor, Mgr John Baptist Wang Xiaoxun, berasal dari Keuskupan Xian, sekarang berusia 56 tahun. Keuskupan Shaanxi ada dalam persekutuan dengan Paus dan diakui oleh pemerintah. Saat ini, Mgr Wang Xiaoxung menggantikan posisi Mgr Ye Ronghua di pucuk pimpinan Keuskupan Ankang.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI