29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus Menjadi Membuka Kembali Pintu Suci Basilika Santa Maria di  L’Aquila Setelah 728 Tahun

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus membuka pintu suci di Basilika St Maria di L’Aquila. CNA

    L’AQUILA, Pena Katolik – Paus Fransiskus menjadi paus pertama dalam 728 tahun yang membuka Pintu Suci basilika abad ke-13 di L’Aquila, Italia, pada hari Minggu, 28 Agustus 2022. Selama kunjungan ke Kota L’Aquila yang terletak sekitar 70 mil timur laut Roma itu, paus berpartisipasi dalam tradisi yang bertahan selama berabad-abad, yaitu Pengampunan Celestinian, yang dikenal dalam bahasa Italia sebagai Perdonanza Celestiniana. Pembukaan Pintu Suci menandai momen penting dalam perayaan tahunan yang ditetapkan oleh Paus Selestinus V pada tahun 1294.

    “Selama berabad-abad L’Aquila telah mempertahankan hadiah yang ditinggalkan Paus Celestine V. Merupakan hak istimewa untuk mengingatkan semua orang bahwa dengan belas kasihan, dan hanya dengan itu, kehidupan setiap pria dan wanita dapat dijalani dengan sukacita,” kata Paus Fransiskus dalam homilinya selama Misa di Basilika Santa Maria di Collemaggio L’Aquila.

    “Diampuni berarti mengalami di sini dan sekarang apa yang paling dekat dengan kebangkitan. Pengampunan adalah peralihan dari kematian ke kehidupan, dari pengalaman penderitaan dan rasa bersalah menuju kebebasan dan kegembiraan. Semoga gereja ini selalu menjadi tempat di mana kita dapat berdamai, dan mengalami kasih karunia yang membuat kita bangkit kembali dan memberi kita kesempatan lagi,” kata Paus melanjutkan.

    Paus Fransiskus memulai perjalanan sehari pada pukul 7:50 pagi dengan helikopter dari Vatikan ke L’Aquila. Dia mengunjungi katedral kota, yang masih dibangun kembali setelah rusak parah selama gempa bumi 2009 di mana lebih dari 300 orang tewas.

    Paus Fransiskus berdia di depan Makam St Selestinus V. IST

    Paus mengenakan topi keras saat berkeliling di area rekonstruksi gereja yang rusak. Dia berbicara kepada anggota keluarga korban gempa di alun-alun kota di depan katedral, di mana tahanan lokal juga hadir di antara kerumunan. Orang-orang bersorak dan mengibarkan bendera Vatikan saat Paus Fransiskus menyambut mereka dari kursi roda.

     “Pertama-tama saya berterima kasih atas kesaksian iman Anda: terlepas dari rasa sakit dan kehilangan, yang menjadi milik iman kita sebagai peziarah, Anda telah mengarahkan pandangan Anda pada Kristus, yang disalibkan dan bangkit, yang dengan cinta-Nya menebus omong kosong. rasa sakit dan kematian.”

    Kabar tentang Paus Fransiskus akan mengunjungi L’Aquila memicu spekulasi bahwa perjalanan itu bisa menjadi awal dari pengunduran diri paus berusia 85 tahun itu. Sebelumnya, Paus Benediktus XVI menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam hampir 600 tahun pada tahun 2013, para pengamat Vatikan mengingat bahwa ia telah mengunjungi makam Celestine V beberapa tahun sebelumnya. Selama perjalanannya pada tanggal 28 April 2009, ia meninggalkan palliumnya — jubah wol putih yang diberikan kepada uskup agung metropolitan — di makam. Di belakang, komentator menyarankan bahwa Benediktus menunjukkan niatnya untuk mengundurkan diri.

    Dalam homilinya di L’Aquila, Paus Fransiskus memuji Paus Celestine V atas kerendahan hati dan keberaniannya. Menyebutkan deskripsi Dante Alighieri tentang Celestine sebagai orang “penolakan besar,” Paus Fransiskus menggarisbawahi bahwa Celestine tidak boleh dikenang sebagai orang “tidak” – karena mengundurkan diri dari kepausan – tetapi sebagai orang “ya.”

    “Memang, tidak ada cara lain untuk mencapai kehendak Tuhan selain dengan mengambil kekuatan orang yang rendah hati, tidak ada cara lain. Justru karena mereka begitu, orang yang rendah hati tampak lemah dan pecundang di mata manusia, tetapi pada kenyataannya mereka adalah pemenang sejati, karena merekalah satu-satunya yang percaya sepenuhnya kepada Tuhan dan mengetahui kehendak-Nya.”

    L’Aquila adalah tempat pemakaman Paus Celestine V, yang memimpin Gereja Katolik hanya lima bulan sebelum pengunduran dirinya pada 13 Desember 1294. Paus, yang dikanonisasi pada tahun 1313, dimakamkan di Basilika Santa Maria L’Aquila di Collemaggio.

    Di akhir Misa, orang banyak berdoa Litani Para Kudus dan menyaksikan Paus Fransiskus membuat sejarah ketika ia membuka Pintu Suci basilika. Menurut Kardinal Giuseppe Petrocchi dari L’Aquila, Paus Fransiskus adalah paus pertama yang membuka Pintu Suci dalam 728 tahun.

    Para kardinal yang berkunjung telah membuka Pintu Suci untuk Pengampunan Celestinian dalam beberapa tahun terakhir, setelah pembacaan banteng pengampunan oleh walikota setempat. Celestine menyumbangkan banteng kepausan ke L’Aquila, di mana ia disimpan di kapel lapis baja di menara balai kota.

    Banteng pengampunan yang disusun oleh Celestine V menawarkan indulgensi penuh kepada semua orang yang, setelah mengaku dan bertobat dari dosa-dosa mereka, pergi ke Basilika Santa Maria di Collemaggio dari Vesper pada 28 Agustus hingga matahari terbenam pada 29 Agustus. Indulgensi penuh adalah rahmat yang diberikan oleh Gereja Katolik melalui jasa Yesus Kristus, Maria, dan semua orang kudus untuk menghapus hukuman sementara karena dosa.

    Indulgensi Celestine adalah luar biasa pada saat itu, mengingat itu tersedia untuk siapa saja, terlepas dari status atau kekayaan, dan tidak ada biaya apa pun kecuali pertobatan pribadi pada saat indulgensi sering dikaitkan dengan sedekah.

    Setelah membuka Pintu Suci, Paus Fransiskus memasuki makam Paus Celestine V, di mana ia menghabiskan waktu sejenak dalam doa hening di hadapan relik pendahulu kepausannya yang dinyatakan sebagai santo pada tahun 1313.

    “Dalam semangat dunia yang didominasi oleh kesombongan, Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk rendah hati dan lemah lembut. Kerendahan hati tidak terdiri dari devaluasi diri, melainkan dalam realisme sehat yang membuat kita mengenali potensi kita dan juga kesengsaraan kita, ”kata Paus Fransiskus.

    “Berawal dari kesengsaraan kita, kerendahan hati menyebabkan kita berpaling dari diri kita sendiri dan mengalihkan pandangan kita kepada Tuhan, Dia yang dapat melakukan segalanya dan juga memperoleh bagi kita apa yang tidak dapat kita miliki sendiri. ‘Segalanya mungkin bagi mereka yang percaya (Markus 9:23).’”

    Di akhir Misa, orang banyak berdoa Litani Para Kudus dan menyaksikan Paus Fransiskus membuat sejarah ketika ia membuka Pintu Suci basilika. Menurut Kardinal Giuseppe Petrocchi dari L’Aquila, Paus Fransiskus adalah paus pertama yang membuka Pintu Suci dalam 728 tahun.

    Para kardinal yang berkunjung telah membuka Pintu Suci untuk Pengampunan Celestinian dalam beberapa tahun terakhir, setelah pembacaan banteng pengampunan oleh walikota setempat. Celestine menyumbangkan banteng kepausan ke L’Aquila, di mana ia disimpan di kapel lapis baja di menara balai kota.

    Setelah berbicara dengan keluarga para korban, Paus Fransiskus melakukan perjalanan dengan mobil paus ke Basilika Santa Maria di Collemaggio L’Aquila, di mana ia merayakan Misa di luar ruangan, mendaraskan Angelus, dan membuka Pintu Suci. Dalam pesan Angelus singkatnya, paus berdoa untuk rakyat Pakistan, di mana banjir bandang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan membuat ribuan lainnya mengungsi.

    Paus Fransiskus juga meminta syafaat Perawan Maria untuk mendapatkan “pengampunan dan perdamaian bagi seluruh dunia,” menyebutkan Ukraina dan semua tempat lain yang menderita perang. Selama kunjungannya ke L’Aquila, paus mengatakan bahwa dia ingin kota Italia tengah itu menjadi “ibu kota pengampunan, perdamaian, dan rekonsiliasi.”

    “Beginilah perdamaian dibangun melalui pengampunan yang diterima dan diberikan,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI