Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Lebih dari 700 sekolah Katolik di Filipina Tutup Setelah Pandemi

Beberapa anak sekolah dasar masuk ke kelas mereka di Filipina. Vatican News

MANILA, Pena Katolik – Badan pengawas pendidikan Filipina meluncurkan penyelidikan setelah lebih dari 860 sekolah swasta ditutup setelah pandemi Covid-19. Sebanyak 85 persen sekolah itu dikelola oleh  Gereja Katolik melalui paroki, dan kongregasi suster, imam, dan bruder.

Setidaknya 860 dari 14.000 sekolah swasta telah menutup pintu mereka secara permanen di Filipina. Alasan penutupan ini adalah adanya kendala keuangan karena pandemi. Departemen Pendidikan Filipina membuka penyelidikan atas penutupan tersebut, yang telah mempengaruhi hampir 60.000 siswa dan 4.500 guru. Lebih dari 700 sekolah yang ditutup dijalankan oleh institusi Katolik, mewakili hampir 85 persen dari mereka yang terkena dampak.

Sekolah dasar dan menengah dibuka kembali di seluruh Filipina pada hari Senin 22 Agutus 2022, banyak sekolah dibuka untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda lebih dari dua tahun lalu.

Negara Asia Tenggara ini adalah salah satu negara terakhir di dunia yang melanjutkan pelajaran penuh waktu, tatap muka, dan termasuk yang paling parah dilanda pandemi di kawasan ini. Para ahli memperingatkan kesenjangan dalam pendidikan dapat secara serius mempengaruhi literasi.

Bank Dunia mengatakan pada tahun 2021 bahwa sekitar 9 dari 10 anak-anak Filipina menderita “kemiskinan belajar”, yang didefinisikan sebagai anak-anak berusia 10 tahun yang tidak dapat membaca dan memahami cerita sederhana. UNICEF, badan anak-anak PBB, memuji pembukaan kembali sekolah sebagai “langkah besar ke arah yang benar.”

Ribuan terpengaruh

Sekolah-sekolah Katolik yang paling baru ditutup adalah Colegio de San Lorenzo, di Kota Quezon Manila. Penutupan ini diumumkan pada 15 Agustus 2022. Pihak berwenang sekolah menyebutkan pendaftaran yang buruk dan ketidakstabilan keuangan menjadi alasan penutupan.

Sekolah telah memulai proses pengembalian uang siswa dan mentransfer siswa yang sudah mendaftar ke lembaga Katolik lainnya.

Menteri Pendidikan Filipina, Leonor Briones, mengatakan kepada wartawan pada 16 Agustus 2022 bahwa sekolah-sekolah yang tutup harus diperiksa untuk melihat apakah tindakan mereka melanggar hukum. Menurut data pemerintah sebelum dimulainya tahun ajaran 2020 hingga 2021, diperkirakan 250.539 siswa pindah dari sekolah swasta ke negeri.

“Pada masa pandemi ini, banyak sekali siswa sekolah swasta yang pindah ke sekolah negeri,” kata Briones.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini