31 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Paus Fransiskus Berdoa untuk Korban Perang Ukraina, Menandai Enam Bulan Tragedi Itu

BERITA LAIN

More
    Pengungsi akibat perang di Ukraina. Vatican News

    VATIKAN< Pena Katolik – Paus Fransiskus berdoa untuk perdamaian bagi orang-orang Ukraina yang menderita kengerian perang selama enam bulan dan masih berlanjut. Ia menyebut perang sebagai ‘kegilaan’, dan mengingat banyak anak yatim, baik Ukraina dan Rusia, sambil menyerukan kepada dunia untuk mengingat korban perang di Suriah, Yaman, dan Myanmar.

    Pada akhir Audiensi Umum, 24 Agustus 2022, Paus Fransiskus memperbarui undangannya kepada semua orang untuk berdoa memohon kedamaian dari Tuhan bagi “rakyat Ukraina. Dia mengingat situasi berbahaya mengenai pembangkit nuklir Zaporizhia, dan meminta langkah-langkah konkret diambil untuk menghindari risiko bencana.

    Paus juga mengingat semua tawanan perang, mengatakan mereka dekat di hatinya, terutama mereka yang berada dalam kondisi genting, meminta pihak berwenang bekerja untuk pembebasan mereka.

    Kegilaan perang

    Paus Fransiskus mengingat khususnya banyak anak yang telah meninggal, serta banyak yang terluka dan pengungsi, menekankan berapa banyak anak yatim sekarang, baik Ukraina dan Rusia, dengan mengatakan “anak yatim tidak memiliki kewarganegaraan, mereka telah kehilangan ayah atau ibu mereka, baik Rusia atau Ukraina.”

    Paus melanjutkan dengan menekankan berapa banyak orang tak berdosa yang menderita begitu banyak kekejaman, membayar kebodohan perang, kegilaan, kegilaan di semua sisi – karena perang adalah kegilaan. Dia juga mengingat seorang wanita muda yang terbunuh di dekat Moskow dalam sebuah bom mobil. Paus juga mengecam mereka yang mengambil untung dari perdagangan senjata sebagai pelanggar yang membunuh umat manusia.

    “Ini adalah kegilaan perang. Saya memikirkan gadis malang yang diledakkan oleh bom di bawah kursi mobilnya di Moskow. Yang tidak bersalah. Ia harus membayar perang ini. Mari kita pikirkan kenyataan ini dan berkata: perang adalah kegilaan.”

    Sebagai penutup, Paus Fransiskus meminta kita untuk mengingat penderitaan di negara-negara lain di mana perang telah menyebabkan kekacauan, termasuk di Suriah selama lebih dari sepuluh tahun, Yaman di mana begitu banyak anak-anak sekarat karena kelaparan, dan Rohingya di Myanmar yang terpaksa meninggalkan tanah mereka. karena ketidakadilan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI