Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Apa yang Perlu Kita Ketahui Tentang Konsistori Akhir Bulan Ini?

Konsistori pada 28 November 2020. CNA

VATIKAN, Pena Katolik – Pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 nanti, Paus Fransiskus akan memakaikan biretta merah di kepala 18 uskup dan dua imam, upaca ini untuk melantik mereka sebagai kardinal “untuk kemuliaan Tuhan yang mahakuasa dan kehormatan Takhta Apostolik.” Lalu, apa yang perlu kita ketahui tentang Konsistori tahun ini?

Apa itu konstitusi?

Konsistori adalah pertemuan resmi Kolese Kardinal. Salah satu alasan paling umum untuk sebuah konsistori adalah untuk melantik kardinal baru. Selain biretta merah, pada upacara nanti, Paus Fransiskus juga akan memasangkan cincin di tangan setiap kardinal baru sambil berkata: “Terimalah cincin ini dari tangan Petrus dan ketahuilah itu, dengan kasih Pangeran para Rasul, kasih Anda kepada Gereja diperkuat.”

Paus juga akan menugaskan setiap kardinal baru sebuah gereja di Keuskupan Roma, yang disebut “gereja tituler.” Ini selanjutnya menghubungkan kardinal dengan Roma dan dengan paus, yang adalah Uskup Roma.

Anggota lain dari Kolese Kardinal, klerus, dan anggota masyarakat semuanya dapat menghadiri konsistori untuk mengangkat kardinal. Konsistori lain yang mungkin diadakan oleh paus adalah konsistori biasa untuk melihat penyebab orang-orang kudus baru, langkah terakhir sebelum kanonisasi formal dapat dilakukan.

Ada juga konsistori luar biasa, yang diharapkan untuk diikuti oleh setiap kardinal, kecuali untuk alasan yang serius. Konsistori untuk mengangkat kardinal pada 27 Agustus akan menjadi konsistori biasa, terbuka untuk umum.

Konstitusi biasa publik kedua akan segera mengikutinya agar para kardinal memberikan persetujuan mereka untuk kanonisasi dua orang yang diberkati: Giovanni Battista Scalabrini, seorang uskup Italia dan pendiri Misionaris St. Charles, dan Artemide Zatti, seorang imigran Italia ke Argentina yang seorang perawat dan Bruder Koajutor Salesian.

Paus Fransiskus juga menyerukan agar konsistori luar biasa diadakan pada 29-30 Agustus. Dengan konsistori ketiga ini, paus telah meminta para kardinal dunia untuk datang ke Roma untuk membahas konstitusi baru Kuria Roma, Praedicate evangelium. Di akhir pertemuan dua hari, pada sore hari tanggal 30 Agustus, Paus Fransiskus akan merayakan Misa bersama para kardinal baru dan seluruh Kolese Kardinal di Basilika Santo Petrus.

Sebuah Perjalanan

Di antara semua konsistori ini, pada 28 Agustus 2022, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan selama setengah hari ke kota L’Aquila di Italia tengah untuk acara tahunan yang penting, Pengampunan Celestinian. Pengampunan Celestinian (Perdonanza Celestiniana dalam bahasa Italia) adalah warisan dari Paus Selestinus V (5 Juli 1294 – 13 Desember 1294). Paus Selestianus V dikenang sebagai Paus yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Paus.

Paus Celestine V mendirikan Pengampunan Celestinian, yang menawarkan indulgensi penuh kepada semua orang yang, setelah mengaku dan bertobat dari dosa-dosa mereka, pergi ke Basilika Santa Maria di Collemaggio di L’Aquila dari Vesper pada 28 Agustus hingga matahari terbenam pada 29 Agustus.

Di L’Aquila, Paus Fransiskus akan merayakan Misa di luar Basilika Santa Maria di Collemaggio sebelum membuka Pintu Suci gereja. Dia juga akan melakukan kunjungan pribadi ke katedral kota, yang masih rusak setelah mengalami kerusakan parah dalam gempa bumi 2009 yang menewaskan lebih dari 300 orang di L’Aquila dan daerah sekitarnya.Setelah kunjungan, dia akan menyapa anggota keluarga. dari orang-orang yang meninggal dalam gempa.

132 kardinal pemilih

Setelah pada bulan Agustus ini maka Kolese Kardinal akan memiliki 132 kardinal electoral, yaitu kardinal di bawah usia 80 tahun dan dengan demikian memenuhi syarat untuk memilih paus baru dalam konklaf. Dari 132 kardinal ini, 83, 62% di antaranya adalah kardinal terpilih selama kepausan Fransiskus. Pada akhir 2022, ketika enam kardinal akan berusia 80 tahun, persentase ini akan menjadi 65%.

Kuorum untuk pemilihan seorang paus adalah dua pertiga atau 84 kardinal. Pada akhir tahun 2022, para kardinal yang diangkat oleh Paus Fransiskus masih kurang dua dari kuota yang diperlukan untuk memilih seorang pengganti.

Dalam konsistori 27 Agustus 2022, Paus Fransiskus juga akan mengangkat empat kardinal non-elektoral karena berusia di atas 80 tahun. Paus Fransiskus awalnya menunjuk lima cardinal, namun seorang uskup asal Belgia meminta untuk tidak diangkat menjadi cardinal, permintaan ini kemudian disetujui Paus.

Tanggal yang tidak biasa

Saat ini akan menjadi konsistori kedelapan Paus Fransiskus untuk mengangkat kardinal baru. Untuk pertama kali, upacara itu diadakan pada bulan Agustus.  Terakhir kali seorang kardinal diangkat pada bulan Agustus adalah lebih dari 200 tahun yang lalu, pada tahun 1807, ketika Paus Pius VII mengangkat Francesco Guidobono Cavalchini menjadi kardinal “in pectore,” atau secara rahasia.Nama kardinal baru tidak diumumkan sampai tahun berikutnya.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini