Meditasi Hari Ini, Kamis 11 Agustus 2022; Memaafkan dan Memaafkan

0
852

Kamis 11 Agustus 2022

Peringatan Wajib Santa Klara dari Asisi

Bacaan I: Yeh. 12:1-12

Mazmur Tanggapan: Mzm. 78:56-57, 58-59,61-62

Bacaan Injil: Mat. 18:21-19:1

Renungan:

Setiap hari, Yesusku, aku belajar melalui beberapa situasi atau pengalaman tentang kebutuhanku yang besar akan Engkau. Ketika saya mencoba untuk bersabar sendiri, kesabaran saya dipaksakan dan berumur pendek. Jelas bagi semua orang bahwa saya berusaha mati-matian untuk bersabar. Ketika saya mengangkat pikiran dan hati saya kepada Anda, Yesus terkasih, dan melihat Anda begitu tenang sabar, jiwa saya minum dalam semangat kesabaran seperti angin sejuk di malam yang lembab. Kesabaran Anda menembus keberadaan saya, dan hanya dengan demikian saya benar-benar sabar. Butuh waktu lama untuk belajar bahwa saya hanya bisa menghasilkan buah di dalam dirimu.

Betapa kau sangat mencintaiku! Cinta dibuktikan dengan pengorbanan, dan kau telah membuktikan cintamu padaku. Kesadaran ini membuatku merasa kecil, karena aku terpaksa mengakui bahwa cintaku padamu sangat kecil. Saya lari dari pengorbanan dan takut akan rasa sakit. Kematian terkadang tampak seperti terowongan gelap yang harus dilalui, dan masa depan tampak suram. Ketika saya membandingkan sikap saya dengan Anda, saya menyadari bahwa dalam diri saya tidak ada yang bisa saya tawarkan kepada Anda. Satu-satunya klaim yang kumiliki adalah cintamu padaku. Ketika saya memikirkan cinta itu, saya tiba-tiba merasakan gelombang keberanian untuk menghadapi masa depan. Bahkan kematian hanya menjadi momen indah ketika yang mencintai dan yang dicintai bertemu muka.

Allah Bapa, saya masuk ke dalam Roh belas kasih-Mu dan mencoba untuk meminum dalam-dalam cinta belas kasih-Mu. Ingatan saya cerdas dengan mengingat pelanggaran masa lalu, dan jiwa saya terluka oleh kemarahan hari kemarin — hari-hari di masa lalu yang membawa air mata dan kesedihan. Setiap kali saya pikir mereka pergi, mereka kembali dengan semangat baru, dan saya menyadari bahwa saya tidak tumbuh dalam belas kasih dan pengampunan. Aku menaruh ingatanku ke dalam belas kasihmu yang penuh kasih, dan aku memintamu untuk menutupi lukanya dengan balsem penyembuhan dari belas kasihanmu. Biarlah jiwaku tenggelam jauh ke dalam samudra belas kasih yang tak terhingga itu dan kembali kepadaku dengan diperbarui, disembuhkan, dan disegarkan dengan cinta untuk semua orang dan kebencian terhadap siapa pun.

Allah Bapa, sembuhkan ingatanku…. Kadang-kadang peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu tiba-tiba muncul dan rasa sakit itu kembali, dan dengan itu kemarahan dan kebencian. Yesus menyuruh kami untuk berbelas kasih dan berbelas kasih seperti Anda. Saya merasa ini sangat sulit, namun mengapa saya harus melakukannya? Bukankah aku telah menjadi penerima rahmat dan pengampunanmu? Bukankah hal yang lebih besar bagi saya untuk menyinggung Tuhan daripada sesama makhluk untuk menyinggung saya?

Anda memaafkan dan melupakan dengan begitu lengkap dan anggun. Biarkan aku mengubur semua kenanganku yang tidak menyenangkan di lautan belas kasihmu dan menenggelamkannya selamanya di perairan yang damai itu. Semoga hantu kemarin tidak pernah tinggal di hari ini dan menghancurkan hari esokku. Beri aku harapan, Allah Bapa, untuk percaya pada pengampunan-Mu, dan biarkan aku selalu memberi tetanggaku manfaat dari keraguan sehingga aku bisa memaafkannya dari hatiku. (Mother Angelica)

Mother Angelica († 2016) adalah seorang biarawati Ordo St Clara yang malang. Ia adalah pendiri Eternal Word Television Network. Renungan ini berasal dari buku Berdoa bersama Bunda Angelica: Meditasi Rosario, Jalan Salib, dan Doa-Doa Lainnya. EWTN Publishing, Inc.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here