Pen@ Katolik

Misi Awal Obrat St Yosep (OSJ) di Keuskupan Agung Pontianak

Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus beserta Pastor Miguel Piscopo OSJ saat meresmikan Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu. (Samuel)

PONTIANAK, Pena Katolik – Pada Perayaan Peringatan 100 tahun di Filipina, Kongregasi Oblat Santo Yosep (Congregatio Oblatorum S. Ioseph/OSJ) Tahun 2015, Pastor Miguel Piscopo, OSJ, yang saat itu menjabat sebagai Superior General, memberikan hadiah kepada Provinsi OSJ di Filipina. Ternyata, hadiah itu adalah kejutan yang luar biasa mulia, yaitu membuka Misi OSJ di Negara Indonesia.

Mendengar hadiah kejutan tersebut Pastor Noel Magtaas OSJ, yang saat itu menjabat sebagai Provinsial Superior OSJ Filipina, langsung memberikan respon positif. Ia bersedia menerima hadiah tersebut. Pada tahun yang sama, Kongregasi OSJ berhasil membuat kesepatakan kerjasama dengan Mgr.Agustinus Agus, selaku Uskup Agung Pontianak (Indonesia). Dalam kesempatan itu, Kongregasi OSJ diterima untuk memulai karya misi dan pastoral di wilayah Keuskupan Agung Pontianak.

Pada tanggal 8 Maret 2015, Pastor Piscopo beserta para imam OSJ lainnya, dan Mgr.Agustinus berkunjung ke Gereja St.Hieronimus stasi Karangan Paroki Santo Petrus dan Paulus Menjalin. Pada tanggal 19 Maret 2017 stasi Karangan telah resmi menjadi Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu yang akan menjadi tempat pembukaan Misi Pertama kongregasi OSJ di Negara Indonesia. Pada saat itu pemberkatan Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu dilaksanakan oleh Mgr. Agustinus juga dihadiri oleh Superior General dan Provinsial Superior kongregasi Oblat Santo Yosep (OSJ). (Samuel/Pena Katolik)