27.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Rangkaian Kapitel Persaudaraan Dominikan Awam Indonesia 2022

BERITA LAIN

More
    Misa Penerimaan Profes ke-1 PDA bagi 12 anggota dipimpin Romo Mingdry Hanafi OP di Aula SD Strada Wiyatasana Pejaten. PDA Indonesia

    JAKARTA, Pena Katolik – Hidup harus dijalani dengan beragam kondisinya, kadang senang sedih kadang sehat kadang sakit. Kondisi-kondisi ini harus dihadapi dengan seimbang. Keseimbangan ini, saat setiap orang telah diberi hidup oleh Tuhan, diperlukan agar dalam peziarahan setiap orang memahami, kapan waktunya untuk jalan lurus, kapan waktunya untuk belok. Renungan tentang keseimbangan ini disampaikan Romo Andreas Kurniawan OP saat memimpin Misa Pembuka Kapitel Persaudaraan Dominikan Awam Chapter St. Katarina Siena Jakarta, 9 Juli 2022.

    “Kalau ‘S’ beneran kita semua suka, namun ‘s’ yang ini harus dijalani dengan keseimbangan. 

    Untuk dapat seimbang dalam hidup ini, salah satu yang dapat menjadi pegangan adalahpercaya pada Tuhan yang Kuasa. Tuhan yang akan membimbing hidup tahab demi tahab kehidupan.

    Setelah Misa pembuka Kapitel itu, pada 17 dan 18 Juli diadakan Misa Penerimaan Profes (Janji) ke-1 PDA dari 12 orang, oleh Romo Mingdry Hanafi OP di Aula SD Strada Wiyatasana, Pejaten. Keesokan harinya, 18 Juli 2022, ada penerimaan Profes (Janji) ke 1 PDA, Laurensia Sarinah, OP juga dipimpin Romo Mingdry.

    Pada 24 Juli 2022, diadakan studi tema kapitel yang dibawakan oleh Sr. Tresia Wen, OP dari Kongregasi OP Anunciata Filipina. Pada kesempatan ini, St. Tresia menyampaikan materi tentang spiritualitas St. Katarina dari Siena. St. Katarina pada awalnya menginginkan hidupnya dengan doa. Namun, kemudian ia menemukan bahwa hidup St. Katarina perlu mengisinya dengan karya dan pewartaan (misi).

    Pada suatu kali, St. Katarina merawat seorang dengan penyakit kusta, saat tidak ada seorangpun yang merawatnya. Tindakan ini menjadi sebuah pengalaman penuh rahmat bagi St. Katarina. Meski sulit, di saat orang yang dilayani seakan tidak bersyukur atas bentuk pelayanannya, St. Katarina tetap melayaninya dnegan sepenuh hati. Rangkaian kegiatan Kapitel PDA Indonesia ini masih berlanjut dengan beragam kegiatan, diantaranya Rosario, Novena, dan Triduum. Selanjutnya diadakan siding elektif pada 7 Juli 2022. Puncak Kapitel PDA berlangsung pada 17 Agustus 2022 dengan Perayaan Ekaristi Syukur 5 tahun Penetapan Kanonik Chapter St. Katarina Siena, Jakarta – Chapter PDA pertama di Indonesia, yang dipimpin Romo Edmund Nantes, OP.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI