25.2 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Paus Fransiskus akan Mengunjungi Kazakhstan pada Bulan September

BERITA LAIN

More
    Paus saat mengunjungi Abu Dhabi. Pena Katolik

    KAZAKSTAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus akan mengunjungi Kazakhstan pada bulan September 2022. Kunjungan ini akan diisi dengan pertemuan antaragama. Matteo Bruni, direktur Kantor Pers Takhta Suci, mengkonfirmasi perjalanan itu dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin.

    “Menerima undangan dari otoritas sipil dan gerejawi, Paus Fransiskus akan mengumumkan Perjalanan Apostolik ke Kazakhstan dari 13-15 September tahun ini, mengunjungi kota Nur-Sultan pada kesempatan Kongres VII Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional.”

    Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengumumkan pada bulan April bahwa kunjungan kepausan ini sangat dimungkinkan. Dalam pertemuannya dengan media dalam penerbangan kembali dari Kanada pada hari Sabtu, Paus Fransiskus mengkonfirmasi niatnya untuk melakukan perjalanan ke negara Asia Tengah itu.

    “Itu tidak akan menjadi perjalanan yang terlalu berat.”

    Dalam beberapa bulan terakhir, Kazakhstan telah dibahas sebagai lokasi potensial untuk pertemuan antara Paus Fransiskus dan Patriark Ortodoks Kirill dari Moskow, yang juga diharapkan untuk berpartisipasi dalam kongres tersebut.

    Paus pertama yang melakukan perjalanan ke Kazakhstan adalah St. Paus Yohanes Paulus II, yang mengunjungi negara itu, bersama dengan Armenia, pada September 2001. Pada usia 81 tahun, dan menderita penyakit Parkinson, Yohanes Paulus II menghabiskan empat hari di Kazakhstan di tengah peningkatan keamanan. kekhawatiran setelah serangan September 11 oleh teroris.

    Di Kazakhstan, ada lima keuskupan Katolik dan sekitar 250.000 umat Katolik Ritus Latin, menurut statistik 2008, yang merupakan minoritas kecil dari populasinya yang berjumlah 18 juta orang. Etnis Kazakh didominasi Muslim Sunni, agama yang paling umum dipraktikkan di negara ini. Menurut sensus nasional 2009, agama yang paling banyak dianut kedua adalah Kristen Ortodoks Rusia dengan penganut lebih dari 20%. Negara Asia Tengah ini juga merupakan rumah bagi banyak imigran.

    Paus Fransiskus mendirikan administrasi apostolik untuk umat Katolik Bizantium di Karaganda, Kazakhstan, pada 2019, menyoroti meningkatnya jumlah umat Katolik Yunani Ukraina di negara itu, yang menurut perkiraan sekitar 10.000.

    Kazakhstan adalah negara terkurung daratan terbesar di dunia, tetapi memiliki salah satu kepadatan penduduk terendah. Negara ini berbatasan dengan Rusia, Cina, Kirgistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan dan berbatasan dengan sebagian Laut Kaspia.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI