Paus yang Sudah Tua Mengakui Ia Harus Melambat, atau Berhenti

0
531
Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus XVI. IST

KANADA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengakui pada hari Sabtu 30 Juli 2022 bahwa dia perlu memperlambat, mengatakan kepada wartawan setelah perjalanan enam hari ke Kanada bahwa dia tidak dapat mempertahankan kecepatan perjalanan internasionalnya – dan mungkin harus berpikir untuk pensiun.

“Saya tidak berpikir saya bisa pergi dengan kecepatan yang sama seperti saya biasa bepergian,” kata paus berusia 85 tahun, yang menderita sakit di lututnya yang membuatnya semakin bergantung pada kursi roda.

“Saya pikir pada usia saya dan dengan keterbatasan ini, saya harus menyelamatkan diri saya sedikit untuk dapat melayani Gereja. Atau, alternatifnya, untuk memikirkan kemungkinan minggir.”

Ini bukan pertama kalinya Paus Fransiskus mengangkat kemungkinan untuk mengikuti teladan pendahulunya, Benediktus XVI, yang berhenti karena kesehatannya yang menurun pada 2013, dan sekarang hidup tenang di Kota Vatikan.

Paus Fransiskus menyangkal bahwa dia berencana untuk segera mengundurkan diri. Pada tahun 2014, setahun kepausannya, Paus Fransiskus mengatakan kepada wartawan bahwa jika kesehatannya menghalangi fungsinya sebagai paus, dia akan mempertimbangkan untuk mengundurkan diri.

Pada bulan Mei lalu, Paus Fransiskus bercanda tentang lututnya selama pertemuan tertutup dengan para uskup, dengan mengatakan: “Daripada beroperasi, saya akan mengundurkan diri.”

“Pintunya terbuka, itu salah satu opsi normal, tapi sampai sekarang saya belum mengetuk pintu ini,” katanya, Sabtu 30 Juli 2022.

“Tapi bukan berarti lusa aku tidak mulai berpikir, kan? Tapi saat ini aku benar-benar tidak berpikir. Juga perjalanan ini sedikit ujian. Memang benar bahwa Anda tidak dapat melakukan perjalanan dalam keadaan ini, Anda mungkin harus mengubah gaya sedikit, mengurangi, melunasi hutang perjalanan yang masih harus Anda lakukan. Tetapi Tuhan akan memberi tahu. Pintunya terbuka, itu benar.”

Komentar itu muncul setelah spekulasi kuat tentang masa depan Paus Fransiskus, setelah ia terpaksa membatalkan serangkaian acara karena sakit lututnya termasuk perjalanan ke Afrika yang direncanakan awal bulan ini. Wacana ini juga dipicu oleh keputusannya untuk mengadakan konsistori luar biasa pada 27 Agustus 2022, untuk mengangkat 21 kardinal baru – 16 di antaranya berusia di bawah 80 tahun, sehingga memenuhi syarat konklaf untuk memilih penggantinya di masa depan.

Keputusan Paus Benediktus XVI untuk pensiun pada tahun 2013 menyebabkan gelombang kejut di seluruh Gereja Katolik. Dia adalah paus pertama yang mengundurkan diri sejak Abad Pertengahan, tetapi yang sebelumnya sekarang telah ditetapkan.

“Sejujurnya, ini bukan malapetaka, itu mungkin untuk mengubah paus, itu mungkin untuk berubah, tidak masalah! Tapi saya pikir saya harus sedikit membatasi diri,” kata Paus Fransiskus.

Paus kebanyakan menggunakan kursi roda selama perjalanannya ke Kanada, di mana dia menyampaikan permintaan maaf bersejarah selama beberapa dekade atas pelecehan anak-anak Pribumi di sekolah-sekolah perumahan yang dijalankan oleh Gereja Katolik. Namun, ia berdiri di “Pope mobile” untuk menyambut orang banyak.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here