29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Suster di Tengah Salat Idul Adha di Purwokerto

BERITA LAIN

More
    Suster dari Kongregasi St. Dominikus (OP) saat terlibat dalam kepanitiaan Salat Idul Adha di Menara Pandang Teratai Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, 10 Juli 2022. Dok. IST

    PURWOKERTO, Pena Katolik – Ada yang istimewa di saat diadakan Salat Idul Adha di di area parkir Menara Pandang Teratai Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu, 10 Juli 2022, beberapa suster dari Paguyuban Lintas Iman Purwokerto yang turut hadir. Kehadiran para suster ini untuk melayani seribuan umat Muslim yang mengikuti salat saat itu.

    Dari tahun ke tahun, salah satu destinasi wisata favorit yang menjadi ikon Kota Purwokerto ini menyelenggarakan Salat baik Idul Fitri maupun Salat Idul Adha. Suster dari konggregasi Santo Dominikus (OP) bertugas mengarahkan jamaah perempuan menuju tempat salat. Ia dengan sigap membantu mereka untuk mengantar ke titik yang kosong sehingga memperoleh tempat untuk Salat.

    Tak hanya itu, para suster itu juga membantu mengumpulkan besek (wadah dari anyaman bambu) berisi infak dari jamaah. Para suster Pengkhotbah ini bergabung bersama panitia lain yang sebagian besar para lelaki. Untuk panitia yang merupakan pemuda-pemuda lintas iman, mereka ikut membantu pelayanan terhadap jamaah laki-laki serta menjaga kendaraan yang diparkir.

    Sedikitnya 52 orang anggota Paguyuban Lintas Iman Purwokerto. Agustinus Gudyana menuturkan, Paguyuban Lintas Iman baru kali ini membantu dalam pelaksanaan Salat Idul Adha. Koordinator Paguyuban lintas iman ini menjelaskan, keterlibatan komunitas dalam kegiatan keagamaan sudah berlangsung cukup lama. Setiap kali ada kegiatan keagamaan dari semua agama, mereka rutin terlibat untuk membantu dalam kepanitiaan.

    “Untuk salat Idul Adha ini memang baru pertama kali. Sebelumnya kami selalu terlibat saat salat Idul Fitri. Waktu Lebaran kemarin, kami juga saling bersilaturrahmi antar tokoh agama,” kata Agustinus.

    Awal terbentuknya paguyuban ini bertujuan untuk melayani umat Muslim dan bidang sosial kemanusiaan. Sejumlah tokoh Katolik, Kristen, Konghucu, Budha, Hindu, Islam dan penghayat kepercayaan berkumpul untuk mewujudkan ide tersebut.

    Para Salat Idul Adha ini, hadir juga Bupati Banyumas, Achmad Husein. Sedangkan imam pada Salat ini adalah KH Makmum Al Kahfi yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Husaeni Rejasari Purwokerto. Sementara itu, H Muhdi Klolil, bertindak sebagai khotib.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI