Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Tiongkok mengatakan kerja sama dengan Vatikan terus berlanjut

BEJING, Pena Katolik -Republik Rakyat Tiongkok dan Vatikan akan terus bekerja dengan batas waktu yang ditetapkan pada kesepakatan mereka untuk menunjuk uskup, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian pada konferensi pers pada 6 Juli 2022, di Beijing.

Pejabat itu mengatakan bahwa sejak awal, perjanjian tersebut telah “berhasil diimplementasikan melalui upaya kedua belah pihak.” Perwakilan Tiongkok tidak memberikan perincian apa pun tentang tanggal pasti atau ketentuan perjanjian, yang tidak pernah dirilis secara penuh.

Perjanjian dua tahun, pertama kali ditandatangani pada 2018 dan diperbarui pada 2020, telah memungkinkan pengangkatan enam uskup dalam empat tahun. Itu berakhir pada akhir September mendatang.

Pada tanggal 5 Juli, kantor berita Reuters menerbitkan kutipan dari wawancara luas dengan Paus Fransiskus di mana Paus mengatakan dia berharap perjanjian itu akan diperbarui pada bulan Oktober.

Sambil mengakui lambatnya proses penunjukan uskup, dia membela jalur diplomasinya dengan Tiongkok: “Ketika Anda menghadapi situasi yang terhambat, Anda harus menemukan cara yang memungkinkan, bukan cara yang ideal, untuk keluar darinya.”

Paus mengatakan dia berharap kesepakatan kontroversial Vatikan dengan Tiongkok akan diperbarui.

Kemunduran Zen Cardinal

Pada 11 Mei, penangkapan Kardinal Joseph Zen di Hong Kong tampaknya membahayakan kerja sama antara kedua negara, yang tidak memiliki hubungan diplomatik formal. Mantan uskup daerah kantong itu, seorang pembela demokrasi, adalah salah satu penentang keras kesepakatan tersebut.

Dia mengklasifikasikannya sebagai kompromi dari pihak Vatikan, yang dia tuduh meninggalkan Gereja bawah tanah di Tiongkok, yaitu komunitas Kristen dan Katolik yang menolak bersekutu dengan Partai Komunis, dalam kasus Katolik, karena kesetiaan mereka. ke Roma. Pada penangkapan kardinal, Takhta Suci mengungkapkan keprihatinannya. Kardinal dengan cepat dibebaskan dengan jaminan.

Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin mencoba menenangkan situasi, menyambut pembebasan Kardinal Zen dan mengakui bahwa dia telah “diperlakukan dengan baik.” Kardinal mengatakan kasus itu tidak boleh dibaca sebagai “penolakan” perjanjian pastoral antara Tiongkok dan Vatikan, karena “jalan dialog” sudah “tidak mudah dan rumit.”

Kardinal Parolin dipandang sebagai arsitek utama kesepakatan Vatikan, yang oleh beberapa orang, termasuk Paus, dibandingkan dengan strategi yang digunakan dengan negara-negara komunis pada 1960-an dan 1970-an. Kardinal Zen secara teratur mengkritik strategi Parolin, bahkan menuduhnya memanipulasi Paus.

Pada akhirnya, tuduhan yang diajukan terhadap Kardinal Zen pada 24 Mei 2022 ternyata ringan. Awalnya ditangkap karena “konspirasi untuk berkolusi dengan pasukan asing” di bawah undang-undang keamanan yang diberlakukan oleh Beijing pada Juni 2020, dia belum didakwa dengan pelanggaran itu, dan

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini