34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Membuka Pertemuan Uskup Regio Jawa, Tujuh Uskup Meresmikan Griya Pastoral

BERITA LAIN

More
    Tujuh Uskup Menghadiri Misa Pembuka Pertemua Uskup Regio Jawa di Keuskupan Surabaya 5 Juli 2022. IST

    SURABAYA, Pena Katolik – Pertemuan para Uskup Regio Jawa dimulai dengan Misa Pembuka di Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya Jawa Timur. Selanjutnya, para uskup ini meresmikan Griya Pastoral dan Gua Maria yang ada di Komplesk Katedral Surabaya, 6 Juli 2022.

    Ada tujuh uskup yang hadir dalam pertemuan ini, mewakili keuskupan masing-masing. Ketujuh uskup ini adalah: Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius SUharyo; Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko; Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan OCarm; Uskup Purwokerto, Mgr. Christoporus Tri harsono; Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC; Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur; dan tuan rumah pertemuan, Uskup Surabaya, Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksana. Misa pembuka ini sendiri dipimpin oleh Mgr. Rubiyatmoko.

    Pada Misa pembuka ini, Mgr. Rubiyatmoko menyoroti bahwa dalam Gereja Katolik, termasuk di Regio Jawa masih mengalami kekurangan panggilan imam. Di Keuskupan Agung Semarang, yang saat ini dilayani oleh sekitar 200 imam, ini pun masih dirasakan kurangnya petugas pastoral. Mgr. Rubiyatmoko juga menceritakan, di mana di Keuskupan Surabaya, yang dilayani sekitar 190 imam, masih dibutuhkan lagi sekitar 200 imam untuk melayani di paroki-paroki di seluruh keuskupan.

    “Jumlah imam yang ada saat ini bahkan lebih sedikit dari jumlah imam yang perlu ditambah lagi,” ujar ahli hukum Gereja ini.

    Mgr. Rubiyatmoko lalu menyampaikan bahwa sabda Yesus dalam bacaan Misa itu cocok, di mana Yesus mengatakan bahwa “tuaian memang banyak tapi pemanennya masih sedikit”. Kekurangan pelayan altar ini sudah dirasakan sejak zaman Yesus. Mgr. Rubiyatmoko menyampakan, bahwa kekurangan pelayanan altar ini menjadi keprihatinan bersama.

    “Kurangnya panggilan menjadi keresahan di semua keuskupan di Indonesia,” ujar Mgr. Rubiyatmoko.

    Setelah perayaan Ekaristi Pembuka Pertemuan para uskup Regio Jawa ini, para uskup lalu memberkati dan meresmikan Griya Pastoral dan Gua Maria yang terletak di Kompleks Katedral. Griya Pastoral ini nantinya akan difungsikan sebagai pusat pastoral bagi umat di Paroki Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI