Lagi, Dua Imam Tewas di Nigeria dalam Dua Kejadian Terpisah

0
823
Pastor Vitus Borogo yang dibunuh segerombolan bandit di Kaduna Nigeria June 25 2022. CNA

NIGERIA, Pena Katolik – Dua imam dibunuh selama akhir pekan kemarin di Nigeria, satu di negara bagian Kaduna dan satu lagi di Edo. Pastor Vitus Borogo, seorang imam yang melayani di Keuskupan Agung Kaduna, terbunuh pada 25 Juni 2022. Ia terbunuh di Kujama, di sepanjang Jalan Kaduna-Kachia, oleh teroris. Imam berusia 50 tahun itu selama ini melayani di di Politeknik Negeri Kaduna.

Sementara itu, di Edo, Pastor Christopher Odia diculik dari pastoran di Gereja Katolik St. Michael, Ikabigbo, Uzairue, sekitar pukul 6:30 pagi 26 Juni 2022 kemarin. Selanjutnya, ia dibunuh oleh para penculiknya. Hal ini seperti diumumkan Keuskupan Auchi.

Pastor Odia berusia 41 tahun saat ia wafat. Ia meninggal saat melayani sebagai Kepala Paroki St. Michael dan kepala sekolah Sekolah Menengah Katolik St. Philip di Jattu. Saat peristiwa penculikan Pastor Odia terjadi, seorang pelayan Misa dan seorang warga lokal mengikuti para penculik. Keduanya lalu ditembak dan dibunuh.

Be;lakangan lebih banyak orang Kristen terbunuh karena iman mereka di Nigeria daripada di negara lain mana pun di seluruh dunia. Setidaknya 4.650 imam dan umat katolik dibunuh pada tahun 2021 dan hampir 900 dalam tiga bulan pertama tahun 2022 saja.

Menurut yayasan hak asasi manusia yang berbasis di Inggris, Christian Solidarity Worldwide, negara bagian Kaduna telah menjadi “pusat penculikan dan kekerasan oleh aktor non-negara. Awal bulan ini, orang-orang bersenjata menyerang sebuah gereja Katolik dan sebuah gereja Baptis di negara bagian Kaduna. Peristiwa ini menewaskan tiga orang dan dilaporkan menculik lebih dari 30 jamaah. Selanjutnya lebih dari 40 orang Kristen tewas dalam serangan terhadap sebuah gereja Katolik di negara bagian Ondo pada 5 Juni 2022.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here