Dua Imam Yesuit Dibunuh di Sebuah Gereja di Meksiko

0
1089
Fathers Javier Campos Morales SJ and Joaquín César Mora Salazar SJ. Doc. Mexican Jesuits

CHIHUAHUA, Pena katolik – Kongregasi Serikat Yesus (Yesuit) Meksiko hari Selasa, 21 Juni 2022 mengumumkan, bahwa dua imam mereka dibunuh pada Senin sehari sebelumnya. Peristiwa ini terjadi di dalam sebuah gereja di wilayah pegunungan negara bagian Chihuahua, Meksiko.

Kedua imam itu adalah Pastor Javier Campos Morales SJ dan Pastor Joaquín César Mora Salazar SJ. Keduanya dihabisi oleh orang-orang bersenjata yang melakukan serangan di wilayah pastoral mereka pada 20 Juni 2022 di gereja di Cerocahui, Chihuahua. Tak hanya membunuh kedua imam itu, kelompok bersenjata itu juga mengambil jenazah mereka.

“Kami mengutuk tindakan kekerasan ini, kami menuntut keadilan dan pemulihan jenazah saudara-saudara kami yang diambil dari gereja oleh orang-orang bersenjata,” demikian bunyi pernyataan 21 Juni 2022 yang dirilis dalam bahasa Spanyol dari Yesuit Meksiko.

“Kami percaya bahwa kesaksian kehidupan Kristen dari Javier dan Joaquín tersayang kami terus menginspirasi pria dan wanita untuk memberikan diri mereka dalam pelayanan yang paling rentan. Beristirahat dalam damai,” begitu bunyi pernyataan yang disampaikan Yesuit Provinsi Meksiko.

Menurut Kantor Kejaksaan Agung Negara Bagian Chihuahua, kedua imam itu berusaha melindungi seseorang yang mencari perlindungan di gereja.

Provinsial Yesuit Meksiko, Pastor Luis Gerardo Moro Madrid SJ mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan mereka “bekerja dengan otoritas federal dan negara bagian untuk memastikan keselamatan” dua imam paroki yang tersisa. Jesuit mengeluarkan tuntutan agar “semua tindakan perlindungan segera diambil untuk melindungi kehidupan saudara-saudari Yesuit kita, umat awam dan seluruh komunitas Cerocahui.”

Ketika ditanya tentang kejahatan oleh El Sol de Mexico, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengindikasikan bahwa penyelidikan sedang berlangsung. Wilayah tempat pembunuhan itu terjadi dihuni oleh penduduk asli Tarahumara, yang terkenal dengan keterampilan berlari mereka. Daerah tersebut telah menderita kejahatan terorganisir terkait narkoba selama bertahun-tahun. Para Yesuit mencatat dan menyatakan solidaritas dengan rasa sakit yang dialami orang-orang yang mereka layani “karena kekerasan yang terjadi.”

“Sierra Tarahumara, seperti banyak daerah lain di negara ini, menghadapi kondisi kekerasan dan penelantaran. Setiap hari pria dan wanita secara sewenang-wenang dicabut nyawanya, karena saudara-saudara kita dibunuh hari ini. Jesuit Meksiko tidak akan tinggal diam menghadapi kenyataan yang mengoyak seluruh masyarakat. Kami akan terus hadir dan bekerja untuk misi keadilan, rekonsiliasi dan perdamaian, melalui karya pastoral, pendidikan dan sosial kami.”

Pastor Campos Morales lahir di Mexico City dan ditahbiskan pada tahun 1972. Setelah beberapa tugas pastoral, ia kembali ke Cerocahui pada tahun 2019 untuk melayani sebagai Pemimpin Misi Jesuit; sebagai Pastor dan Vikaris Pastoral Adat Keuskupan Tarahumara, dan sebagai Penasehat Regional Komunitas Basis Gerejawi. Sementara, Pastor Salazar lahir di Monterrey dan ditahbiskan pada tahun 1971. Sejak tahun 2000, ia menjabat sebagai Vikaris Paroki di Chínipas, dan kemudian sebagai Vikaris Kerjasama di Cerocahui sejak 2007.

Pembunuhan para imam di Meksiko telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, tubuh Pastor José Guadalupe Rivas Saldaña, 57, ditemukan dengan tanda-tanda kekerasan di pinggiran Tecate, sebuah kota yang terletak di perbatasan dengan Amerika Serikat di negara bagian Baja California, Meksiko.

Tiga setengah tahun pertama pemerintahan Presiden Meksiko, López Obrador telah menjadi periode paling kejam dalam sejarah Meksiko. Di masa ini terjadi lebih dari 120.000 pembunuhan.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here