31.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Kelompok Terafiliasi ISIS Dicurigai Sebagai Pelaku Pembantaian Gereja di Nigeria

BERITA LAIN

More
    Gereja St Fransiskus Xaverius Owo Nigeria sebelum diserang pada Minggu Pentakosta 5 Juni 2022 yang lalu. IST

    NIGERIA, Pena Katolik – Seorang pejabat pemerintah Nigeria mengatakan pada hari Kamis 9 Juni 2022 bahwa kelompok pemberontak Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP) diduga sebagai pelaku pembantaian di sebuah gereja Katolik di Owo Nigeria pekan lalu yang menewaskan puluhan orang.

    “Kami telah dapat melihat jejak ISWAP dalam serangan menghebohkan di Owo dan kami mengejar mereka. Badan keamanan kami sedang mengejar mereka dan kami akan membawa mereka ke pengadilan,” kata Menteri Dalam Negeri Ogbeni Rauf Aregbesola.

    Dalam serangan 5 Juni, orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah jemaah Katolik yang menghadiri Misa Pentakosta di Gereja Katolik St. Francis Xaverius di Owo, Negara Bagian Ondo, di barat daya Nigeria.

    Laporan awal menunjukkan bahwa lebih dari 50 orang tewas, termasuk anak-anak, dan lainnya terluka. Korban tewas resmi untuk serangan itu saat ini mencapai 40, dengan 61 orang terluka masih di rumah sakit.

    ISWAP dianggap sebagai faksi yang memisahkan diri dari Boko Haram, kelompok teroris ekstremis Islam lainnya yang telah membunuh ribuan orang Kristen dan membuat jutaan orang mengungsi di Nigeria dan negara-negara tetangga dalam beberapa tahun terakhir. Pemimpin ISWAP pada saat itu berjanji setia kepada ISIS pada tahun 2015.

    ISWAP dalam beberapa tahun terakhir mengklaim telah melakukan eksekusi publik terhadap orang Kristen dan memposting tindakannya di media digital. Namun, Negara Bagian Ondo, tempat serangan Pentakosta terjadi, jauh dari wilayah operasi ISWAP yang biasa di utara negara itu.

    Paus Fransiskus telah menyatakan “kedekatan spiritualnya” dengan umat Katolik Nigeria setelah serangan terbaru, dengan mengatakan dalam sebuah telegram bahwa dia sedang berdoa “untuk pertobatan mereka yang dibutakan oleh kebencian dan kekerasan.”

    Lebih banyak orang Kristen terbunuh karena iman mereka di Nigeria daripada negara lain mana pun di seluruh dunia – setidaknya 4.650 pada tahun 2021 dan hampir 900 dalam tiga bulan pertama tahun 2022 saja. Para pemimpin dan advokat Kristen terus menyoroti dan mendokumentasikan penganiayaan brutal yang sedang berlangsung terhadap orang-orang Kristen — seringkali di tangan tetangga Muslim mereka — di negara terpadat di Afrika. Beberapa organisasi bantuan dan ahli bahkan mengumpulkan bukti bahwa pembunuhan orang Kristen di Nigeria merupakan genosida.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI