27.2 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Uskup Katolik Amerika Serikat: Politisi Pro-aborsi Seharusnya tidak Menerima Komuni

BERITA LAIN

More
    Nancy Pelosi. IST

    SAN FRANCISCO, Pena Katolik – Amerika Serikat sedang menunggu keputusan Mahkamah Agung yang berpotensi mengubah aturan tentang aborsi. Di tengah penantian ini, umat Katolik di AS bersiap untuk memulai “Kebangkitan Ekaristi” selama tiga tahun. Semakin banyak seruan untuk menyerukan integritas Ekaristi ini di pihak pejabat public yang beragama Katolik.

    Misalnya saja, Uskup Agung San Francisco, Mgr. Salvatore Cordileone bulan lalu meminta umat parokinya yang paling terkenal, Ketua DPR AS, Nancy Pelosi untuk menahan diri menerima Komuni. Selama ini, Nanci terus mendukung aborsi legal.

    Sementara dekrit Mgr. Cordileone telah menerima dukungan dari banyak uskup di seluruh negeri. Uskup Arlington, Virginia, Mgr. Michael Burbidge mengirimkan pesan serupa kepada Presiden Katolik Joseph R. Biden Jr.

    “Saya merasa sangat meresahkan bahwa Presiden Biden terus bertentangan dengan ajaran paling dasar dari iman yang dia anut,” kata Burbidge dalam episode podcast terbarunya, Walk Humbly. Biden menyebabkan skandal besar ketika dia mengumumkan keyakinannya dan posisinya yang pro-aborsi di depan umum. Saya berdoa agar dia mengubah posisinya, bertobat dari skandal dan kerusakan yang ditimbulkan.”

    Keuskupan Arlington meliputi Virginia Utara dan berbatasan dengan Washington, D.C. Perdebatan tentang penolakan Komuni bagi pejabat publik Katolik yang pro-aborsi telah berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi belakangan ini semakin intensif.

    Pelosi, Biden dan umat Katolik lainnya yang merupakan pejabat public telah menyuarakan dukungan untuk memperkuat “hak” hukum untuk aborsi. Hal ini karena keputusan Roe v. Wade semakin terancam. Pada awal Mei, Politico membocorkan rancangan keputusan yang ditulis oleh Hakim Agung Samuel A. Alito dan ditandatangani oleh empat hakim lainnya. Rancangan undang-undang ini akan menunjukkan bahwa pengadilan tinggi akan membatalkan Roe ketika mengeluarkan pendapatnya bulan ini di Dobbs v. Jackson Women’s Organisasi Kesehatan.

    Tahun terakhir ini, terlihat sejumlah negara bagian memberlakukan peraturan yang lebih ketat tentang aborsi. Beberapa negara bagian hampir melarang prosedur tersebut sama sekali. Para Uskup Colorado mengeluarkan pernyataan keras minggu ini, mengatakan setiap legislator Katolik yang baru-baru ini memberikan suara mendukung perluasan aborsi di Negara Bagian Pegunungan itu harus menahan diri untuk tidak menerima Ekaristi.

    Mgr. Cordileone, dalam suratnya kepada Pelosi pada 20 Mei, mengatakan bahwa pada bulan April dia telah memberi tahu anggota kongres berusia 82 tahun itu bahwa “seharusnya Anda tidak secara terbuka menolak advokasi Anda untuk ‘hak’ aborsi atau menahan diri untuk tidak merujuk pada iman Katolik Anda di depan umum dan menerima Komuni Kudus, saya tidak punya pilihan selain membuat pernyataan, sesuai dengan Kanon 915, bahwa Anda tidak boleh menerima Komuni Kudus.” Rumah Pelosi berada di dalam wilayah kanonik Keuskupan Agung San Francisco.

    Hingga 9 Juni, setidaknya 20 uskup di seluruh Amerika telah membuat pernyataan yang mendukung tindakan Mgr. Cordileone. Mgr. Joseph Naumann, mantan ketua Komite Kegiatan Pro-Kehidupan Konferensi Waligereja Katolik Amerika Serikat, mengeluarkan pernyataan pada hari yang sama ketika Mgr. Cordileone mengumumkan keputusannya mengenai Pelosi, dengan mengatakan dia “sepenuhnya mendukung tindakan pastoral dan berani.

    Mgr. Cordileone kini telah berupaya untuk menyadarkan hati nurani Pelosi dan pada saat yang sama untuk melindungi umat Katolik di Keuskupan Agung San Francisco “Saya berdoa agar Ketua Pelosi berubah pikiran.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI