Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Setelah Kepergian Kardinal Angelo Sodano, Satu Era Telah Berakhir

Kardinal Angelo Sodano dalam satu kesempatan bersama Paus Fransiskus. CNA

VATIKAN, Pena Katolik – Gereja Katolik baru saja kehilangan salah satu tokoh paling berpengaruhnya untuk kurun waktu 50 tahun terakhir. Kardinal Angelo Sodano wafat di usianya ke-95 pada 27 Mei 2022 yang lalu. Selama menjadi Sekretaris Negara Vatikan, ia dinilai menjadi “pemimpin” Gereja di saat masa akhir kepausan St. Yohanes Paulus II yang menderita Parkinson sebelum wafat.

Mendiang Kardinal Angelo Sodano yang tetap terukir dalam ingatan para pengamat Vatikan. Pada 11 Februari 2013, Paus Benediktus XVI baru saja menyampaikan pidato pengunduran dirinya dan pergi di tengah suasana emosi dan kebingungan. Segera, dua kelompok kardinal terbentuk: satu di sekitar Sekretaris Negara Vatikan saat itu, Kardinal Tarcisio Bertone, yang lain di sekitar Kardinal Sodano, dekan College of Cardinals.

Dengan kepergian Kardinal Sodano pada 27 Mei, satu era diplomat besar Vatikan yang menjadi pejabat pemerintah berakhir. Simbol dari orang-orang ini adalah Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan saat ini, sebelumnya Wakil Menteri Luar Negeri Vatikan di bawah Kardinal Sodano a dan kemudian Kardinal Bertone, sebelum ia dikirim untuk melayani sebagai nunsius untuk Venezuela pada 2009, lalu kembali pada 2013 sebagai Sekretaris Negara.

Pengangkatan Kardinal Parolin dipuji sebagai kembalinya era diplomat di Vatikan. Pada saat yang sama, dikatakan bahwa kepausan Paus Benediktus XVI ditandai dengan semacam “balas dendam” dari Kongregasi untuk Ajaran Iman, yang ditandai dengan kedatangan mantan pejabat kongregasi itu, Kardinal Bertone di pucuk pimpinan Sekretariat Negara.

Pada pemakaman Kardinal Sodano di Basilika St. Petrus pada tanggal 31 Mei, Kardinal Giovanni Battista Re, dekan Kolese Kardinal saat ini, menggarisbawahi: “Banyak dari kita dapat menghargai dengan cermat tugas Kardinal Sodano yang tinggi, karunia kecerdasannya dan hatinya, kepekaannya untuk tujuan pastoral dari tindakan Gereja di dunia, kebijaksanaannya dalam mengevaluasi peristiwa dan situasi dan kesediaannya untuk membantu, mencari dalam setiap kasus, solusi yang memadai.”

Kardinal Re menjabat di Sekretariat Negara dari tahun 1989 hingga 2000 sebagai Sostituto (Pengganti) Urusan Umum. Kardinal Sodano menjadi Menteri Luar Negeri pada tahun 1991, jabatan yang dipegangnya hingga tahun 2006.

Banyak penilaian Kardinal Sodano menekankan kekuatan dan pengaruhnya, sisi manusia, bagaimanapun, jarang muncul. Salah satu mantan sekretarisnya bercerita bahwa Kardinal Sodano tidak pernah secara langsung mengoreksi drafnya. Sebaliknya, ia memodifikasinya dengan bijaksana agar tidak membuat orang merasa terlihat buruk.

Tampaknya hampir ironis, bahwa Kardinal Sodano meninggal sebelum pengumuman konsistori Paus Fransiskus berikutnya dan pemberlakuan konstitusi Vatikan yang baru. Seolah-olah kematiannya terjadi sebelum dunia Vatikan berubah secara definitif.

Tapi, Kardinal Sodano mengantisipasi waktu. Sebagai dekan College of Cardinals, ia mengatur pertemuan pra-Konklaf 2013, meskipun ia tidak termasuk di antara para kardinal electoral mengingat ia sudah berusia lebih dari 80 tahun. Dia merayakan Missa Pro Eligendo Pontifice, Misa yang mendahului keberangkatan para kardinal ke Kapel Sistina untuk dimulainya konklaf

Bacalah dalam retrospeksi, homili itu telah menguraikan ciri-ciri kepribadian Kardinal Jorge Mario Bergoglio dan menggemakan pidato yang dibuat oleh calon Paus Fransiskus sendiri selama pertemuan pra-konklaf. Demikian pula, Paus Fransiskus pada awalnya memerintah dengan memperhatikan pertemuan pra-konklaf dan memuji “Kuria masa lalu” pada konferensi pers dalam penerbangan kembali dari Rio de Janeiro pada 2013.

Kardinal Sodano menjabat sebagai nuncio untuk Chili sebelum menjadi Sekretaris Negara, di mana ia menonjol dalam perjuangan melawan Teologi Pembebasan, tetapi juga dituduh terlalu berhati-hati terhadap rezim Pinochet. Bagaimanapun, ini terjadi juga karena para diplomat Vatikan selalu berdialog; mereka tidak pernah meninggalkan lapangan.

Ketika Sodano dipanggil oleh Paus Yohanes Paulus II untuk memimpin Sekretariat Negara, itu adalah periode sejarah yang penting. Tembok Berlin telah runtuh, Gereja telah memperoleh bobot internasional, dan ada banyak kepercayaan pada peran Gereja di dunia. Itu adalah waktu yang menguntungkan di mana jaringan diplomat menjadi semakin penting, juga disukai oleh banyak hubungan diplomatik baru yang didirikan dengan negara-negara bekas Uni Soviet yang baru merdeka.

Beberapa tokoh utama pada masa itu masih aktif sampai sekarang: Kardinal Leonardo Sandri, sekarang Prefek Kongregasi Gereja-Gereja Timur, pertama kali dikirim sebagai nuncio ke Meksiko dan kemudian menjadi Pengganti Sekretariat Negara. Setelah bertahun-tahun sebagai Pengganti di Sekretariat Negara, Kardinal Re menjadi prefek Kongregasi Para Uskup.

Almarhum Kardinal Jean Louis Tauran, Sekretaris Hubungan dengan Negara-negara Vatikan hingga tahun 2003, diangkat sebagai arsiparis dan pustakawan Gereja Roma Suci dan kemudian presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama. Setelah Paus Benediktus XVI menjadi paus, sering ada pembicaraan tentang “geng diplomat” ini yang telah kehilangan pengaruhnya. Tapi pengaruh itu kembali di bawah Paus Fransiskus, yang memandang mereka di saat-saat krisis.

Kardinal Lorenzo Baldisseri, sekretaris jenderal Sinode Para Uskup di bawah Paus Fransiskus, berasal dari karier sebagai nunsius. Kardinal Beniamino Stella adalah seorang diplomat dan prefek yang berpengaruh di Kongregasi Klerus dari tahun 2013 hingga 2021. Kemudian ada Kardinal Parolin, yang melapor ke Sekretariat Negara dalam perannya sebagai diplomat.

Sekretaris Negara baru-baru ini selalu menjadi diplomat. Tetapi tidak demikian halnya bahwa peran Sekretaris Negara harus bersifat diplomatis. Memang, selama berabad-abad Sekretariat Negara tidak dipimpin oleh diplomat. Baru belakangan ini dikasteri, dengan Paulus VI, memperoleh peran sentral dalam Kuria Roma. Terutama berkat Kardinal Sodano, para diplomat mendapatkan bobot yang lebih besar dari sebelumnya.

Tentu saja, Kardinal Sodano juga memberikan bayangan. Dia dituduh terlalu dekat dengan Marcial Maciel, pendiri Legionaries of Christ. Selain itu, Kardinal Christoph Schönborn dari Wina secara terbuka menuduhnya telah memblokir penyelidikan pelecehan mengenai pendahulunya, Kardinal Hans Hermann Groër, tetapi belakangan terpaksa meminta maaf. Kardinal Sodano juga ditampilkan dalam Laporan Kardinal Theodore McCarrick pada tahun 2020 yang membuatnya kehilangan gelar Kardinal.

Namun Kardinal Sodano bisa dibilang sebagai pribadi paling berpengaruh di Vatikan. Dengan kematiannya, sebuah era berakhir. Mungkin itu hanya sebuah kurung dalam sejarah Gereja, tetapi satu dengan bobot tertentu. Mulai tanggal 5 Juni, dengan reformasi Kuria, profil orang-orang yang dipanggil di masa depan untuk posisi tanggung jawab besar di Vatikan juga bisa berubah. (Laporan Catholic News Agency)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini