Kardinal Joseph Zen Mengaku Tidak Bersalah

0
587
Uskup Agung Emeritus Hongkong Kardinal Joseph Zen. Aleteia

HONGKONG, Pena Katolik – Kardinal Joseph Zen mengaku tidak bersalah atas tuduhan terhadapnya. Hal ini ia sampaikan pada sidang pengadilan pertamanya, yang diadakan di gedung pengadilan West Kowloon pada 24 Mei 2022. Sebelumnya, Uskup Agung Emeritus Hongkong itu ditangkap dan dibebaskan dengan jaminan pada 11 Mei 2022.

Ia diadili karena ia adalah wali dari Dana Bantuan Kemanusiaan 612, sebuah asosiasi yang membantu aktivis pro-demokrasi dalam kerusuhan tahun 2019. Awalnya, ia ditangkap karena “konspirasi untuk berkolusi dengan pasukan asing” di bawah undang-undang keamanan yang diberlakukan oleh Beijing pada Juni 2020.

Tahun ini, Vatikan dan Tiongkok akan mendiskusikan kemungkinan memperbaharui atau tidak perjanjian pastoral antara Vatikan dan Tiongkok. Perjanjian ini awalnya ditandatangani pada September 2018 dan diperbarui pada Oktober 2020.

Kardinal Zen adalah salah satu penentang terkuat dari kesepakatan ini. Sehari setelah penangkapan kardinal itu, Takhta Suci mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam dan mengatakan pihaknya mengikuti “dengan sangat cermat perkembangan situasi.”

Setelah sidang, Kardinal Zen tidak memberikan komentar apapun kepada pers. Dia dijadwalkan untuk merayakan Misa pad amalam harinya 24 Mei 2022 untuk Hari Doa Sedunia bagi Gereja di Tiongkok, yang kebetulan jatuh hari ini, pesta Maria, Penolong Umat Kristiani. Pada 22 Mei, setelah Regina Caeli, Paus Fransiskus mengenang perayaan ini, dengan mengatakan bahwa dia mengikuti situasi di Tiongkok dengan sangat cermat.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here