Dijadwalkan Bertemu Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bakal Terbang ke Vatikan Pekan Ini

0
1331
Uskup bandung Mgr Antonius Subianto Bujamin OSC saat bersilaturahmi ke kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 17 Mei 2022. Komsos Keuskupan Bandung

BANDUNG, Pena Katolik – Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan undangan

Untuk bertemu dengan Paus Fransiskus. Untuk itu, Ridwan akan melakukan kunjungan ke Italia di mana salah satu  rangkaian agenda kerjanya adalah bertemu Bapa Suci.

“Saya mohon izin ada dinas luar negeri, besok salah satu agendanya saya diterima oleh Paus Fransiskus di Vatikan,” ujar Emil di Bandung, Selasa 17 mei 2022.

Pada hari yang sama, Ridwan juga mendapat kunjungan Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC di kediamannya. Pada pertemuan ini, Mgr. Anton mengapresiasi dukungan pemerintah dalam membina kerukunan beragama di Jawa Barat.

Menanggapi rencana kunjungannya ke Vatikan, Mgr. Anton juga berharap agar kunjungan ini menjadi bukti apresiasi Paus Fransiskus atas kerukunan beragama di Jawa Barat.

“Perjumpaan Bapak Gubernur ke Vatikan tentu akan berpengaruh baik bagi semakin meningkatnya kerukunan beragama di wilayah Jawa Barat,” ujar Mgr. Anton.

Emil mengatakan, Provinsi Jabar mendapatkan apresiasi dari Paus Fansiskus, terutama dalam upaya membangun perdamaian. Paus mencatat Program English For Ulama yang diusung Pemprov Jabar sebagai program yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi.

“Program English for Ulama ternyata sangat baik di mata internasional, jadi ada undangan ke sana,” katanya.

Menurut Kang Emil, meskipun kapasitasnya hanya sebagai Gubernur Jabar, namun membangun perdamaian penting dilakukan. Terlebih, saat ini, konflik masih terjadi di sejumlah negara.

“Lagi urgent sekarang Rusia perang dengan Ukraina, Israel lagi pasea (bertengkar) dengan Palestina ya. Nah, kalau kita tidak saling dialog, dunianya makin tidak damai,” kata Emil.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here