34.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Mukjizat Ekaristi Sokolka: “Itu adalah Jaringan dari Hati Orang yang Sekarat”

BERITA LAIN

More
    Mukjizat Komuni Kudus di Sokolka Polandia. IST

    SOKOLKA, Pena Katolik – Setiap hari, di altar gereja-gereja Katolik di seluruh dunia, keajaiban terbesar yang mungkin terjadi: transformasi roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Kristus yang sejati. Meskipun demikian, ketika kita menerima Komuni, kita hanya dapat menyentuh sifat sejatinya dengan iman kita, karena indra kita hanya melihat roti dan anggur, secara fisik tidak berubah oleh konsekrasi.

    Lalu, apa implikasi dari mukjizat Ekaristi di Sokolka, Polandia? Kejadian ini terjadi pada hari Minggu, 12 Oktober 2008, dua minggu setelah beatifikasi Fr. Michael Sopoko.

    Selama Misa Kudus yang dirayakan di gereja paroki St. Antonius di Sokolka, pada pukul 8:30 pagi, sebuah hosti yang dikonsekrasi pada hari itu jatuh dari tangan salah satu imam selama pembagian Komuni, di sebelah altar. Imam itu lalu menghentikan sementara pembagian Komuni dan mengambil hosti, dan, sesuai dengan norma-norma liturgi, menempatkannya dalam wadah kecil berisi air. Setelah membagikan Komuni, komuni tadi diharapkan larut dalam air, yang nantinya akan dibuang dengan benar.

    Suster Julia Dubowska, dari Kongregasi Suster-suster Ekaristi, adalah petugas sakristi di paroki itu. Di akhir Misa, atas permintaan imam, Pastor Stanislaw Gniedziejko, dia menuangkan air dan Komuni tadi ke wadah lain. Namun, hosti tentu membutuhkan waktu untuk larut, sehingga hosti itu disimpan di wadah baru pada sebuah brankas yang terletak di sakristi paroki. Hanya dia dan pendeta yang memiliki kunci brankas.

    Seminggu kemudian, pada 19 Oktober 2008, ketika perayaan Hari Minggu Misi, ketika imam bertanya tentang kondisi komuni yang akan “dibuang” tadi, Suster Julia pergi ke brankas. Ketika dia membuka pintu, dia mencium aroma lembut dari roti tidak beragi. Ketika dia membuka wadah itu, dia melihat, di tengah-tengah noda merah terang yang melengkung, seperti noda darah. Ia melihat partikel hidup dari sebuah tubuh. Meski begitu, air yang terletak di wadah itu tidak ternoda oleh warnanya.

    Suster itu segera memberitahu imam, yang disusul imam-imam lain untuk berkunjung. Mereka semua kagum dan tidak bisa berkata-kata dengan apa yang mereka lihat.

    Mereka tetap diam dan bijaksana tentang peristiwa tersebut, mengingat ini adalah hosti yang dikuduskan, dengan kuasa sabda Kristus pada Perjamuan Terakhir, sehingga ini benar-benar Tubuh-Nya. Dari sudut pandang manusia, sulit pada saat itu untuk menjelaskan apakah bentuk yang berubah dari sisa Hosti tadi adalah hasil dari pertumbuhan organik, reaksi kimia, atau penyebab lain.

    Mereka segera memberi tahu Uskup Agung Bialystok, Mgr. Edward Ozorowski, yang lalu pergi ke Sokolka dan pejabat keuskupan lainnya. Mereka semua sangat tersentuh oleh apa yang mereka lihat. Uskup agung memerintahkan Komuni Kudus itu dilindungi sementara mereka menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi.

    Pada tanggal 29 Oktober, wadah dengan Komuni Kudu itu dipindahkan ke Kapel Kerahiman Ilahi di pastoran, dan ditempatkan di tabernakel. Keesokan harinya, dengan keputusan uskup agung, hosti yang ternoda dikeluarkan dari air dan ditempatkan di atas kopral kecil, yang kemudian dimasukkan kembali ke dalam tabernakel.

    Komuni Kudu itu disimpan seperti ini selama tiga tahun, sampai dibawa secara khidmat ke gereja pada tanggal 2 Oktober 2011. Selama tahun pertama, peristiwa ini dirahasiakan. Selama waktu itu, otoritas Gereja merenungkan apa yang harus dilakukan, karena mereka berurusan dengan tanda dari Tuhan yang perlu ditafsirkan.

    Pada pertengahan Januari 2009, Komuni Kudus itu tetap seperti noda darah atau gumpalan; sejak itu, penampilannya tidak berubah. Pada bulan yang sama, uskup agung meminta studi histopatologi dilakukan. Pada 30 Maret 2009, ia membentuk komisi gerejawi untuk mempelajari fenomena tersebut.

    Sepotong Komuni Kudus lalu diambil dan dianalisis secara independen oleh dua ahli, Prof. Maria Sobaniec-Lotowska, MD, dan Prof. Stanislaw Sulkowski, MD, untuk memastikan kredibilitas. Keduanya adalah ahli histopatologi di Universitas Kedokteran Bialystok. Studi dilakukan di Departemen Patomorfologi universitas.

    Pekerjaan spesialis diatur oleh norma dan kewajiban ilmiah untuk menganalisis masalah ilmiah apa pun sesuai dengan arahan Komite Etika Ilmiah dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia. Studi yang lengkap dijelaskan dan difoto. Dokumentasi lengkap diberikan kepada Kuria Keuskupan Metropolitan Bialystok.

    Ketika sampel diambil untuk analisis, bagian yang tidak larut dari hosti yang disucikan telah tertanam di dalam kain. Namun, gumpalan darah merah itu sejelas biasanya. Bagian inang yang berubah ini kering dan rapuh, terjalin erat dengan sisa fragmen, yang mempertahankan bentuk roti.

    Hasil dari kedua studi independen sangat cocok itu ditentik satu dengan yang lain. Mereka menyimpulkan bahwa struktur fragmen tubuh inang yang diubah identik dengan jaringan miokard (jantung) orang hidup yang hampir mati. Struktur serat otot jantung sangat terkait dengan roti, dengan cara yang tidak mungkin dicapai dengan cara manusia, menurut pernyataan Prof. Maria Sobaniec-Lotowska.

    Studi membuktikan bahwa tidak ada zat asing yang ditambahkan ke hosti yang disucikan; sebaliknya, bagian dari inangnya berupa otot jantung seseorang yang hampir mati. Fenomena semacam ini tidak dapat dijelaskan oleh ilmu-ilmu alam. Pada saat yang sama, Gereja mengajarkan kepada kita bahwa hosti yang dikonsekrasikan menjadi Tubuh Kristus, dengan kekuatan kata-kata-Nya sendiri pada Perjamuan Terakhir, diulangi oleh para imam selama konsekrasi Misa.

    Hasil studi histopatologi, tertanggal 21 Januari 2009, dimasukkan dalam berkas yang diberikan kepada Kuria Metropolitan Bialystok. Dalam pernyataan resminya, Kuria Metropolitan Bialystok menyatakan:

    “Kejadian Sokolka tidak bertentangan dengan iman Gereja; sebaliknya, itu menegaskannya. Gereja mengakui bahwa, setelah kata-kata konsekrasi, oleh kuasa Roh Kudus, roti diubah menjadi Tubuh Kristus, dan anggur menjadi Darah-Nya. Selain itu, ini adalah undangan bagi semua pelayan Ekaristi untuk membagikan Tubuh Tuhan dengan iman dan perhatian, dan bagi umat beriman untuk menerima Dia dengan adorasi.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI