34.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Paus Fransiskus: “Saya siap bertemu Putin di Moskow”

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vatikan. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyatakan siap untuk bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membicarakan krisis di Ukraina.

    “Saya merasa bahwa sebelum pergi ke Kyiv saya harus pergi ke Moskow,” ujar Bapa Suci.

    Namun, rencana ini dibayangi kondisi Paus yang mengalami ligamen yang robek. Hal ini menimbulkan rasa sakit di kakinya.

    “Saya akan menjalani operasi dengan penyusupan dan kita akan lihat… Saya sudah seperti ini untuk waktu yang lama; Aku tidak bisa berjalan. Ada suatu masa ketika para paus biasa pergi dengan kursi gestatorial. Itu membutuhkan sedikit penghinaan.”

    Paus telah meminta Kardinal Parolin, setelah dua puluh hari perang, untuk mengirim pesan ke Putin untuk mengatakan bahwa saya bersedia pergi ke Moskow. Paus berpikir, kujungan ke Rusia harus terlebih dahulu.

    “Kami belum menerima jawaban, dan kami masih bersikeras, bahkan jika saya khawatir Putin tidak dapat dan tidak ingin mengadakan pertemuan ini saat ini. Tapi bagaimana kebrutalan ini tidak bisa dihentikan? Dua puluh lima tahun yang lalu kami mengalami hal yang sama dengan Rwanda.”

    Perang untuk menguji senjata

    Komentar Paus juga mencerminkan alasan perang dan “perdagangan” senjata, yang baginya tetap merupakan “skandal” yang ditentang oleh sedikit orang. Paus Fransiskus berbicara tentang “kemarahan yang difasilitasi” mungkin, oleh “NATO menggonggong di pintu Rusia” yang telah menyebabkan Kremlin “bereaksi buruk dan melepaskan konflik”.

    “Saya tidak tahu bagaimana menjawabnya – saya terlalu jauh – pertanyaan apakah tepat untuk masuk ke Ukraina,” dia beralasan.

    Paus mengatakan, bahwa senjata sedang diuji di sana. Rusia sekarang tahu bahwa tank tidak berguna dan memikirkan hal-hal lain. Inilah sebabnya mengapa perang dilancarkan: untuk menguji senjata yang telah dihasilkan. Hanya sedikit orang yang memerangi perdagangan ini.

    Berkunjung ke Moskow dulu

    Tidak ada perjalanan ke Kyiv yang direncanakan saat ini, tetapi pertama-tama, Paus lebih memilih untuk mengunjungi Moskow. Meninjau upaya yang dilakukan atau akan dilakukan untuk menghentikan eskalasi kekerasan.

    “Saya tidak akan pergi ke Kyiv untuk saat ini; saya merasa bahwa saya tidak boleh pergi. Pertama saya harus pergi ke Moskow. Pertama saya harus bertemu Putin. Tapi saya juga seorang pendeta, apa yang bisa saya lakukan? Saya melakukan apa yang saya bisa. Jika Putin hanya akan membuka pintu.”

    Sekali lagi Paus melihat ke Moskow untuk kemungkinan bekerja sama dengan Patriark Kirill dari Gereja Ortodoks Rusia. Dia mengutip percakapan 40 menit melalui Zoom pada 15 Maret lalu dan “pembenaran” untuk perang yang dikutip oleh Kirill, dan janji yang terlewat pada Juni di Yerusalem.

    “Saya mendengarkan,” kata Paus Fransiskus.

    Saat itu, Paus mengatakan, bahwa perang harus segera diakhiri. Ia bersama pemimpin Gereja Rusia akan berkerja menciptakan damai.

    “Itu sebabnya kita harus mencari jalan damai, hentikan api senjata. Patriark tidak bisa menjadi putra altar Putin. Saya memiliki pertemuan yang dijadwalkan dengan dia di Yerusalem pada 14 Juni. Itu akan menjadi pertemuan tatap muka kedua kami, tidak ada hubungannya dengan perang. Tetapi sekarang bahkan dia setuju: ‘Mari kita tunggu; itu bisa menjadi sinyal yang ambigu’.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI