33.2 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Mengapa demikian? Bagaimana May dikaitkan dengan Bunda Terberkati?

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berdoa di depan Patung Bunda Maria. Vatican Media

    Pena Katolik – Mei sudah sejak lama menjadi Bulan Maria bagi umat Katolik. Tradisi ini pertama-tama dimulai di Yunani kuno dan Roma. Bulan Mei didedikasikan untuk dewi-dewi pagan yang berhubungan dengan kesuburan dan musim semi (Artemis dan Flora, masing-masing). Tradisi ini lalu dikombinasikan dengan ritual Eropa lainnya, untuk memperingati musim semi, membuat banyak budaya Barat memandang Mei sebagai bulan kehidupan dan ibu.

    Di Gereja mula-mula ada bukti pesta besar Santa Perawan Maria yang dirayakan pada tanggal 15 Mei setiap tahun, tetapi baru pada abad ke-18, Mei terkait khusus dengan Perawan Maria. Menurut Catholic Encyclopedia, “Devosi bulan Mei dalam bentuknya yang sekarang berasal dari Roma di mana Pastor Latomia dari Kolese Roma Serikat Yesus, untuk melawan perselingkuhan dan amoralitas di antara para siswa, membuat sumpah pada akhir abad kedelapan belas untuk mengabdikan bulan Mei untuk Maria. Dari Roma praktik itu menyebar ke perguruan tinggi Yesuit lainnya dan dari sana ke hampir setiap gereja Katolik ritus Latin.”

    Mendedikasikan satu bulan penuh untuk Maria bukanlah tradisi baru, karena ada tradisi sebelumnya yang mengabdikan 30 hari untuk Maria yang disebut Tricesimum, yang juga dikenal sebagai “Bulan Wanita”.

    Berbagai devosi pribadi kepada Maria dengan cepat menyebar luas selama bulan Mei, sebagaimana dicatat dalam Raccolta, sebuah publikasi doa yang diterbitkan pada pertengahan abad ke-19.

    Ini adalah devosi terkenal, untuk menguduskan kepada Maria yang paling suci bulan Mei, sebagai bulan yang paling indah dan berpendar sepanjang tahun. Pengabdian ini telah lama berlaku di seluruh Susunan Kristen; dan itu umum di sini di Roma, tidak hanya dalam keluarga pribadi, tetapi sebagai devosi umum di banyak gereja.

    Pada tahun 1945, Paus Pius XII mengukuhkan Mei sebagai bulan Maria setelah menetapkan pesta Ratu Maria pada tanggal 31 Mei. Setelah Konsili Vatikan II, hari raya ini dipindahkan ke tanggal 22 Agustus, sedangkan tanggal 31 Mei menjadi hari raya Visitasi Maria. Bulan Mei adalah salah satu yang kaya akan tradisi dan waktu yang indah sepanjang tahun untuk menghormati ibu surgawi kita.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI