30.9 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Uskup Amboina Terpilih, Mgr. Seno Ngutra akan Ditahbuskan 23 April 2022

BERITA LAIN

More
    Uskup Amboina terpilih Mgr Seno Ngutra. IST

    AMBOINA, Pena Katolik – Uskup Amboina Terpilih, Mgr. Seno Ngutra akan Ditahbuskan 23 April 2022. Tahbisan akan diadakan di Katedral St. Fransiskus Xaverius Ambon, Maluku. Sebagai penahbis utama adalah Duta Besar Vatikan untuk Indonesia; Mgr. Piero Pioppo. Sebagai penahbis pendamping adalah Uskup Agung Merauke, Mgr. P. C. Mandagi MSC; dan Uskup Manado, Mgr. Benedictus E. Rolly Untu MSC.

    Mgr. Ino adalah akan menjadi Uskup Amboina pertama yang berasal dari imam Diosesan Amboina. Sebelumya, kepemimpinan di Keuskupan Amboina selalu dipegang oleh uskup yang berasal dari Kongregasi Misionaris Hati Kudus Yesus (Congregatio Missionariorum Sacratissimi Cordis Iesu/MSC).

    Pastor Ignatius S. S. Refo menjelaskan, sebelum acara tahbisan pada hari Sabtu, akan diadakan Vesper di Katedral Ambon pada hari Jumat sore, 22 April 2022. Pada kesempatan ini juga akan diadakan pemberkatan lambang-lambang uskup dan pengikraran janji uskup oleh Mgr. Ino di hadapan Duta Besar Vatikan.

    Uskup Baru

    Paus Fransiskus memilih Mgr. Seno Ngutra sebagai Uskup Amboina yang baru. Ia menggantikan Mgr. P. C. Mandagi MSC yang sejak 11 November 2020 ditunjuk sebagai Uskup Agung Merauke.

    Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Administrator Apostolik Keuskupan Amboina, Mgr. Mandagi sendiri. Mgr. Mandagi mengumkan Uskup Ambon yang baru di akhir Misa Hari Raya St Maria Imakulata di Gereja St Maria Bintang Laut Ambon, Maluku.  Sebelumnya, Mgr. Inno adalah Sekretaris Keuskupan Amboina. Mgr. Inno sebelumnya juga menjadi Vikaris Yudisial Keuskupan Amboina.

    Mgr. Inno lahir pada 7 November 1970. Mgr. Inno Menyelesaikan pendidikan Seminari Menengah di Seminar St. Yudas Thadeus Langgur, Maluku. Kemudian, ia menyelesaikan pendidikan filsafat dan teologi di  Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Sulawesi Utara. Ia lalu ditahbiskan menjadi imam pada 6 Oktober 2001 oleh Uskup Amboina, Mgr. P. C. Mandagi MSC.

    Ia kemudian melanjutkan spesialsiasi di bidang Hukum Gereja di Saint Thomas University Manila Filipina. Mgr. Inno juga merupakan dosen di STPAK St. Yohanes Penginjil Amboina.

    Rencananya, Tahbisan Uskup Mgr Inno akan diadakan di Katedral St Fransiskus Xaverius Ambon pada 23 April 2022. Mgr. Mandagi menunjuk beberapa imam sebagai panitia tahbisan ini. Di mana Panitia Tahbisan adalah Vikaris Jenderal Pastor Ignasius Samson Sudirman Refo. Wakil Panitia Tahbisan adalah Romo Yanuarius Oratmangun, sedangkan Sekretaris Panitia Tahbisan Uskup Amboina adalah Pastor Agus Arbol.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI