30.1 C
Jakarta
Saturday, May 11, 2024

Paus Fransiskus: Bersama Yesus, Tidak Pernah Ada Kata Terlambat

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus kembali memimpin Misa di Basilika St Petrus pada Minggu Palma sebelumnya karena masa pandemi perayaan Liturgi tidak diadakan di sini. Aleteia

    VATIKAN, Pena Katolik – saat memimpin liturgi Minggu Palma, 10 April 2022, Paus Fransiskus mendorong umat untuk melakukan perjalanan menuju Paskah dengan pengampunan Tuhan. Ia mengajak untuk mengingat bahwa ketika Kristus menatap “dunia kita yang kejam dan tersiksa,” Yesus tidak pernah bosan mengulangi: “Bapa ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.”

    Bersama Yesus, tidak ada kata terlambat. Bersama Dia, segala sesuatunya tidak pernah berakhir. Paus Fransiskus bersikeras bahwa tidak peduli seberapa mengerikan situasinya, tidak ada kata terlambat untuk memulai lagi karena Tuhan menunggu kita dengan belas kasihan-Nya.

    Paus memimpin liturgi Minggu Palma Sengsara Tuhan di Lapangan Santo Petrus, menandai pertama kalinya sejak pecahnya pandemi virus corona bahwa Bapa Suci dapat memimpin perayaan di antara banyak umat beriman yang mengenakan masker di luar ruangan, bukan dari dalam Gereja St. Basilika Santo Petrus. Jumlah umat dalam Misa itu masih sangat terbatas untuk melindungi dari penularan.

    Bapa Suci memulai homilinya dengan mengingat bagaimana di Kalvari, “dua cara berpikir bertabrakan.” Dalam Injil, Paus mengamati, kata-kata pengampunan Yesus yang disalibkan sangat kontras dengan mereka yang menyalibkan Dia, yang terus berkata kepada Kristus: “Selamatkan dirimu.”

    Misa Minggu Palma 2022 di lapangan St Petrus Vatikan. IST

    Tuhan tidak membela atau membenarkan diri-Nya sendiri. Sebaliknya, Dia berdoa kepada Bapa, menawarkan belas kasihan kepada pencuri yang baik, dan berkata: “Bapa, ampunilah mereka” di tengah “sakit fisik yang paling membakar” dari Sengsara-Nya.

    Pada saat-saat seperti itu, Paus menunjukkan, “kita akan berteriak dan melampiaskan semua kemarahan dan penderitaan kami. Tetapi Yesus berkata: Bapa, maafkan mereka.”

    Yesus, kenang Paus, tidak menegur para algojo-Nya atau mengancam hukuman atas nama Tuhan, melainkan berdoa untuk para pelaku kejahatan. Paus kemudian berkata bahwa Tuhan melakukan hal yang sama dengan kita.

    “Ketika kita menyebabkan penderitaan dengan tindakan kita, Tuhan menderita namun hanya memiliki satu keinginan: untuk mengampuni kita”

    Paus mengundang umat beriman untuk melihat Tuhan yang tersalib dan berkata: “Terima kasih, Yesus: Engkau mencintaiku dan selalu memaafkanku, bahkan pada saat-saat ketika aku merasa sulit untuk mencintai dan memaafkan diriku sendiri.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI