Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Diplomasi Vatikan Untuk Berhentinya Perang di Ukraina

Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vatikan. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Selama empat minggu pertama perang di Ukraina, Vatikan telah menawarkan untuk menjadi penengah antara Rusia dan Ukraina. Namun selama empat minggu, tawaran seperti itu telah diabaikan oleh Rusia.

Saat perang Rusia melawan Ukraina berkecamuk, Paus Fransiskus secara bertahap meningkatkan retorikanya terhadap bahaya invasi, mengutuknya sebagai “agresi bersenjata yang tidak dapat diterima,”. Namun, ia menolak untuk secara langsung menyebut Presiden Vladimir Putin atau Rusia sebagai agresor.

Vatikan dengan konsisten tetap mempertahankan netralitas lama Vatikan, yang diperlukan untuk melindungi umat Katolik di Ukraina dan Rusia. Ini juga sebagai upaya untuk mempertahankan kemungkinan peran Takhta Suci dalam menengahi kesepakatan damai.

Korps diplomatik Vatikan adalah yang tertua di dunia, dengan reputasi untuk pendekatan yang sangat bijaksana dan diperhitungkan untuk keterlibatan geopolitik dunia. Paus Fransiskus sekarang menghadapi salah satu tantangan internasional terbesar dari kepausannya selama hampir satu decade. Pendekatan Vatikan ke Ukraina dan Rusia mengungkapkan jaringan kompleks politik intra-eklesial dan berperan di pentas dunia.

Hubungan Vatikan-Rusia

Perang di Ukraina telah menimbulkan ketegangan yang telah berlangsung di seluruh kepausan Fransiskus. Di satu sisi, Paus adalah suara kenabian untuk keadilan yang berbicara bagi kaum tertindas di berbagai belahan dunia, sementara di sisi lain ia adalah kepala negara dengan pengaruh diplomatik yang cukup besar. Pendekatan yang dirancang oleh Paus Fransiskus dapat digambarkan sebagai “netralitas kenabian”. Tetapi menyeimbangkan kedua lengan kepausan ini adalah upaya yang sulit.

Sejak perang di Ukraina dimulai, Paus Fransiskus telah menghadapi kritik karena tidak menyebut Rusia dan Vladimir Putin sebagai agresor yang tidak adil. Dia bahkan telah dituduh “diam” dalam menghadapi kekejaman. Argumen tandingannya, sebagaimana dijelaskan oleh Uskup Agung Claudio Gugerotti, Duta Besar Kepausan untuk Inggris Raya, Paus, kata nunsius, selalu ingin membiarkan pintu terbuka untuk dialog dan mediasi. Dengan tidak mengutuk Putin dengan nama Takhta Suci adalah menjaga pintu terbuka untuk menjadi mediator perdamaian. 

Pada tahun 1999, Yohanes Paulus II tidak menyebutkan nama pelaku pembersihan etnis selama perang Kosovo dan tetap membuka kontak dengan Serbia. Dalam beberapa hal, Paus Fransiskus berada dalam posisi yang mirip dengan yang dihadapi oleh Pius XII selama Perang Dunia II. Keputusan Paus Pacelli untuk tidak menyebut nama pelaku kekejaman Nazi telah membuatnya terbuka untuk dikritik oleh para sejarawan, bahkan dia membantu orang Yahudi dari belakang layar, melakukan upaya diplomatik untuk menghentikan perang dan membuat pernyataan yang mengutuk antisemitisme.

Namun tidak ada keraguan di mana Paus berdiri pada invasi Putin ke Ukraina. Paus Fransiskus telah mendorong netralitas Tahta Suci ke arah yang lebih profetis, tanpa menutup pintu dialog. 

Pada 18 Maret 2022, Paus Fransiskus menggambarkan perang di Ukraina sebagai “penyalahgunaan kekuasaan yang sesat” yang dipicu oleh “kepentingan partisan, yang mengutuk orang-orang yang tidak berdaya untuk menderita segala bentuk kekerasan brutal”. Ia memohon untuk diakhirinya “pembantaian” di Ukraina dan “agresi bersenjata yang tidak dapat diterima”.

Sementara itu, kegiatan diplomatik Takhta Suci terus berlanjut. Kardinal Pietro Parolin mengulangi tawarannya untuk membantu menengahi konflik Rusia-Ukraina. Di masa lalu menggambarkan pendekatan diplomatik Takhta Suci sebagai “netralitas positif.”

Pada hari Senin, 17 Maret 2022, Fransiskus bertemu dengan perdana menteri Slovakia, Eduard Heger, dan menteri luar negeri Latvia, Edgars Rinkevics. Heger, yang negaranya berbatasan dengan Ukraina, mengatakan Tahta Suci menggunakan saluran diplomatiknya dengan Moskow untuk mencoba dan menghentikan perang, dan menunjukkan hubungannya dengan para pemimpin Gereja Ortodoks Rusia. 

Pada hari yang sama, Paus berbicara langsung kepada Patriark Kirill, menjelaskan bahwa orang Kristen tidak dapat lagi berbicara tentang “perang suci” atau bahkan “perang yang adil”. Menurut Vatikan, Patriark Kirill, yang telah mendukung invasi Putin ke Ukraina, setuju dengan Paus bahwa kesepakatan damai perlu diamankan sesegera mungkin. Beberapa uskup telah meminta Patriark Rusia, Metropolitan Kirill, untuk menarik dukungannya terhadap invasi Putin.

Saat ini, ketika perang sudah memasuki bulan kedua, dunia merindukan langkah yang lebih jelas untuk mengakhiri konflik di Ukraina. Vatikan terus bekerja keras untuk mengamankan perdamaian. 

Antonius E. Sugiyanto 

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini