Menteri Sosial Serahkan Bantuan Kepada Keuskupan Agats

0
995
Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Uskup Agats Mgr Aloysius Murwito OFM. IST

AGATS, Pena Katolik – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja untuk kedua kalinya ke Kabupaten Asmat, Papua, Kamis, 24 Maret 2022.

Risma menyerahkan bansos dengan total Rp.9,8 miliar di mana Keuskupan Agats menjadi salah satu penerimanya. Keuskupan Agats menerima bantuan sebesar Rp7.616.560.000. Bantuan ini secara simbolis diterima Uskup Agats Asmat, Mgr. Aloysius Murwito OFM. Selain itu bantuan juga diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Asmat sebesar Rp1.301.340.000 dan pengurus Masjid An-Nur sebesar Rp.945.580.000. Bantuan yang terakhir ini ini berupa mesin desalinasi air, paket solar cell, budidaya ternak ayam petelur, benih sayur, bibit buah, bibit ikan lele, budidaya pertanian dan perikanan.

Pada kesempatan itu juga uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito, OFM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada kementerian sosial dan secara khusus Menteri Sosial Risma. Ia menyampaikan, Risma sudah memberikan bantuan bahkan sejak masih menjabat Walikota Surabaya.

“Ini menjadi tanda, harapan bagi kami semua dalam jalan bersama pemerintah daerah untuk membangun keadaan kita untuk menuju situasi yang lebih sejatera dan perhatian ini memberi kami semangat dan harapan untuk semakin maju,” ujar Mgr. Murwito.

Kunjungan kerja Menteri Risma di awali dengan kunjungan di Kampung Erosaman dan Amagais, untuk meresmikan budidaya pertanian dan perikanan, serta menyerahkan bantuan berupa benih sayur, bibit buah, dan bibit ikan lele dan Khusus di Kampung Amagais, Risma meninjau usaha Kios Sembako.

Mantan Walikota Surabaya itu lalu melanjutkan perjalanan ke kota Agats yang merupakan ibu kota Kabupaten Asmat untuk pertemuan dengan pemerintah daerah serta pihak Keuskupan dan pengurus Masjid An-Nur.

“Pertama kita membangun komunikasi, terkait dengan permasalahan-permasalahan kehidupan yang ada di Asmat, terutama masalah kebutuhan dasar, dan kami juga akan membantu beberapa distrik untuk alat transportasi, kami akan pikirkan tentang kapal mudah-mudahan secepatnya, agar aksebilitas masyarakat bisa terbantu, juga akan membantu listrik seperti puskesmas,” ungkap Risma di Agats.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here