27.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Pembangunan Gereja Baru di Boven Digoel

BERITA LAIN

More
    Peletakkan batu pertama Gereja Hati Kudus Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel. IST

    BOVEN DIGOEL, Pena Katolik – Paroki Hati Kudus Tanah Merah mulai melakukan pekerjaan pembangunan Gedung Gerejanya yang baru, ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Pemerintah Daerah dan Pastor Paroki Hati Kudus Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

    Gereja baru yang terletak di Kampung Persatuan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel, tepatnya di depan Gereja pusat paroki yang sekarang ini diperkirakan mampu menampung umat sebanyak 800 sampai 1.000 orang ini. Rencananya, gereja baru ini akan memiliki luas 62 X 24 Meter, serta bagian sayap dengan lebar 38 Meter.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pembangunan Lambertus Ignatius Fatruan, ST dalam laporannya pada kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 20 Maret 2022 seusai pelaksanaan ibadah. Lambertus juga menyampaikan bahwa gedung gereja yang diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu dua tahun tersebut membutuhkan anggaran sebesar Rp17 Millyar.

    Disampaikannya pula bahwa sejak rencana pembangunan sampai dengan memasuki proses peletakan batu pertama tersebut, panitia selalu berkoordinasi dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kabupaten Boven Digoel.

    Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Boven Digoel, Hengki Yaluwo, S.Sos yang dalam sambutannya mengatakan bahwa akan mendukung penuh proses pembangunan gedung gereja tersebut. Disampaikannya pula kepada para pemilik tanah adat agar dapat memberikan tempat untuk mendirikan gereja-gereja di Kabupaten Boven Digoel

    “Dalam dua tahun pemerintahan, kami akan bangun semua gereja-gereja yang ada di Boven Digoel maupun teman-teman kami yang ada di Muslim, Hindu dan Budha.

    Sementara itu, Pastor Vikep Kevikepan Mindiptana sekaligus Pastor Paroki Hati Kudus Tanah Merah, Salvinus Buarlele, MSC menyampaikan baru-baru ini Mertua dari Bupati Boven Digoel Hengki Yaluwo telah memberikan sebidang tanah untuk pembangunan gedung gereja Stasi Santo Paulus, di Distrik Kouh.

    “Hari ini, anak mantu, suami dari istri Bupati sebagai Bupati Boven Digoel menghadiri peletakan batu pertama dan dengan tangan Bupatilah dan Wakil Bupati dimulai pembangunan gedung gereja ini.”

    Ia juga berharap saat gedung gereja yang dibangun dalam rangka 90 tahun gereja Katolik lahir di Tanah Merah tersebut telah selesai dikerjakan agar Bupati Boven Digoel bersama Uskup Agung Merauke yang akan meresmikan gedung gereja tersebut.

    Pastor Alvin, panggilan akrabnya, mengajak semua umat untuk berpartisipasi dan saling mendukung baik secara keuangan, materil dan doa sehingga pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan baik.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI