29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Merombak Konstitusi Baru Vatikan, Saatnya Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan para suster di Roma. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus merombak Konstitusi Vatikan. Dalam dokumen yang baru tersebut, Paus menetapkan bahwa umat Katolik awam yang dibaptis, termasuk wanita, dapat memimpin departemen di Vatikan. Hal ini akan meningkatkan upaya institusional untuk melindungi anak di bawah umur.

    Paus Fransiskus pada hari Sabtu, 19 Maret 2022, mengeluarkan konstitusi baru, hampir satu dekade dalam pembuatan. Konstitusi ini untuk mengatur birokrasi yang menjalankan Gereja Katolik Roma.

    Konstitusi, setebal 54 halaman, baru menetapkan bahwa umat Katolik awam yang dibaptis, termasuk wanita, dapat memimpin departemen yang secara tradisional dipimpin oleh cardinal. Perubahan ini meningkatkan upaya institusional untuk melindungi anak di bawah umur dengan memasukkan komisi pelecehan yang dilakukan klerus ke dalam pemerintahan gereja.

    Teks berjudul “Praedicate Evangelium,” atau ‘Mewartakan Injil’ ini menyimpulkan sebuah proses yang, selama bertahun-tahun, diperkenalkan dalam perombakan dribs dan menjemukan mengenai keuangan Vatikan dan konsolidasi kantor-kantor Vatikan. Ini mencerminkan penekanan Fransiskus pada gereja yang lebih pastoral dan membumi, dan meninggalkan bekas nyata pada cara kerja gereja.

    Dokumen ini akan mereformasi birokrasi Vatikan yang sering sulit dan tidak tersentuh, yang dikenal sebagai Kuria Romawi, yang mengatur sebuah gereja dengan 1,3 miliar umat beriman, adalah motivasi utama untuk pemilihan Fransiskus pada tahun 2013.

    Dokumen tersebut, yang dirancang oleh para kardinal top yang dipilih oleh Fransiskus, dirilis pada ulang tahun kesembilan pelantikannya sebagai paus. Secara eksplisit dinyatakan dalam pembukaannya bahwa “paus, uskup, dan pendeta lain yang ditahbiskan bukanlah satu-satunya penginjil di gereja,” menciptakan ruang bagi “orang awam dan wanita awam” Katolik untuk memiliki “peran pemerintah dan tanggung jawab.” Di bagian lain, yang disebut “Prinsip-prinsip”, dinyatakan bahwa paus dapat menunjuk orang Katolik mana pun yang dianggapnya memenuhi syarat untuk memimpin sebuah kantor Vatikan.

    Pakar gereja menyarankan bahwa departemen untuk uskup, yang mengawasi uskup di seluruh dunia, dan klerus, yang berhubungan dengan imam gereja, masih akan membutuhkan laki-laki sebagai pemimpin karena hanya laki-laki yang bisa menjadi imam. Struktur baru ini akan membantu gereja “melindungi anak di bawah umur dan orang-orang yang rentan dari pelecehan seksual.”

    Kardinal Sean O’Malley, Uskup Agung Boston kadang-kadang mengambil langkah luar biasa melawan hierarki dan mengkritik Paus Fransiskus karena tuli dan salah dalam masalah pelecehan seksual. Tetapi kardinal menyebut penggabungan komisinya ke dalam pemerintahan Gereja sebagai “langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan tempat dan mandat komisi, yang hanya dapat mengarah pada budaya perlindungan yang lebih kuat di seluruh Kuria dan seluruh gereja.”

    Konstitusi, yang ditandatangani oleh Fransiskus ini akan segera diterbitkan. Dekomen akan mulai berlaku pada tanggal 5 Juni 2022, menggantikan piagam “Pastor Bonus”, atau ‘Gembala yang Baik’, yang berpaku sejak tahun 1988 oleh Paus Yohanes Paulus II.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI