32.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Keuskupan Essen, Jerman Izinkan Pembaptisan oleh Seorang Perempuan

BERITA LAIN

More
    Katedral Essen. IST

    ESSEN, Pena Katolik – Keuskupan Essen, salah satu keuskupan di Jerman, menjadi yang pertama di Jerman yang mengizinkan seorang perempuan melakukan pembaptisan. Keputusan ini diambil dengan alasan kurangnya imam.

    Uskup Essen, Mgr. Franz-Josef Overbeck menugaskan 18 awam, di mana 17 di antaranya wanita,  untuk melakukan pelayanan Sakramen Baptis dalam Gereja di wilayah keuskupannya. Sampai sekarang hanya imam dan daikon yang diizinkan untuk melakukan pembaptisan.

    “Berkali-kali, Gereja telah bereaksi terhadap keadaan eksternal selama 2.000 tahun terakhir,” kata Theresa Kohlmeyer, ketua komisi Iman, Liturgi, dan Budaya Keuskupan Essen. Dalam keterangan yang disampaikan, keputusan ini bersifat sementara dan awalnya akan berlangsung selama tiga tahun.

    Tahun 2019, Mgr Overbeck, juga mendukung penahbisan imam wanita Katolik. Ia juga mengatakan, harus ada reformasi dalam etika seksual Katolik Roma. Pernikahan sesama jenis harus diterima dan tidak digambarkan sebagai tidak bermoral.

    Keuskupan Essen

    Keuskupan Essen adalah keuskupan Gereja Katolik di Jerman, didirikan pada 1 Januari 1958. Pusat keuskupan ini adalah Katedral Essen, dulunya adalah gereja Biara Essen, dan berusia lebih dari seribu tahun. Keuskupan tersebut berisi sekitar satu juta umat Katolik di Kawasan Ruhr yang sangat urban dan industri.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI