29.2 C
Jakarta
Tuesday, May 7, 2024

Paus Fransiskus: Mari Melawan Kekuatan Senjata dengan “Kelemahan” Doa

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat berdoa. iST

    VATIKAN, Pena Katolik – Serangan ke Ukraina telah dimulai. Sebuah perang di Eropa pada abad ke-21 yang tampaknya mustahil dimulai. Risiko eskalasi tidak terbayangkan. Paus Fransiskus memanggil kita untuk melawan kekuatan senjata dengan “kelemahan” doa.

    Ada beberapa yang tidak percaya: Perang di Eropa pada milenium ketiga: tampaknya tidak mungkin, hampir mustahil. Sekarang, sudah banyak yang mati. Ada ketakutan akan pertumpahan darah. Korban biasa yang tidak bersalah, tidak berdaya, yang tidak menginginkan apa pun selain hidup damai dengan orang lain, dengan semua orang, bahkan jika mereka memiliki bendera yang berbeda.

    Yang kuat tidak peduli dengan yang lemah yang akan binasa. Ada banyak Herodes sinis tentang; pembantaian orang tak berdosa belum berhenti. Setelah penderitaan akibat pandemi, kini kita melihat kesedihan sebuah konflik, dan siapa yang tahu seberapa jauh itu akan merosot?

    Beberapa telah menimbulkan risiko Perang Dunia III. Kita harus terus percaya itu tidak mungkin. kita terus berpikir bahwa umat manusia tidak akan begitu bodoh untuk jatuh ke dalamnya sekali lagi. Karena perang adalah kegilaan, itu tidak rasional. Itu adalah iblis. Iblis ingin menghancurkan kehidupan, ingin menghancurkan dunia. Hari ini, dia memiliki cukup senjata mematikan untuk mencapai tujuannya. Kita tidak boleh menganggap remeh perdamaian dunia.

    Paus Fransiskus, yang dipenuhi dengan kesedihan dan kekhawatiran, menyerukan doa dan puasa untuk perdamaian, menyerukan “kelemahan” doa untuk melawan kekuatan senjata. Siapa yang akan percaya? Siapa yang akan menentang asketisme yang lemah lembut melawan kekuatan meriam?

    Doa menyatukan kita dengan Bapa dan menjadikan kita saudara; puasa mengambil sesuatu dari kita untuk membaginya dengan orang lain – bahkan jika yang lain adalah musuh.

    Doa adalah revolusi nyata yang mengubah dunia karena mengubah hati. Kami memiliki sedikit sumber daya untuk melawan perang, tanpa memikul tanggung jawab langsung untuk mereka, iblis memprovokasi mereka dengan kebencian, kelicikan, kejahatan. Setan jenis ini, kata Yesus, “tidak pernah keluar kecuali dengan berdoa dan berpuasa.”

    Niat Baik

    Kardinal Sekretaris Negara Vatikan, Pietro Parolin setelah serangan Rusia di Ukraina mengatakan, masih ada waktu untuk niat baik dan negosiasi. Pada hari krisis di Ukraina meningkat menjadi konflik, Kardinal Parolin, mengeluarkan pernyataan berikut kepada Media Vatikan:

    “Mengingat perkembangan hari ini dalam krisis di Ukraina, kita melihat dengan lebih jelas ketepatan waktu dari seruan yang jelas dan sepenuh hati yang dibuat Bapa Suci kemarin pada akhir Audiensi Umum. Paus berbicara tentang “kesedihan yang luar biasa,” “penderitaan dan kekhawatiran.” Dia juga mendesak semua pihak yang terlibat untuk “menahan diri dari tindakan apa pun yang akan menyebabkan lebih banyak penderitaan bagi rakyat, mengacaukan koeksistensi antar negara dan membawa hukum internasional ke dalam keburukan.”

    “Seruan ini menjadi sangat mendesak setelah dimulainya operasi militer Rusia di wilayah Ukraina. Skenario tragis yang ditakuti semua orang menjadi kenyataan. Namun masih ada waktu untuk niat baik, masih ada ruang untuk negosiasi, masih ada tempat untuk menjalankan kebijaksanaan yang dapat mencegah dominasi kepentingan partisan, menjaga aspirasi sah setiap orang, dan menyelamatkan dunia dari kebodohan dan kengerian perang.”

    “Sebagai orang percaya, kita tidak kehilangan harapan akan secercah hati nurani di pihak mereka yang memegang kekayaan dunia di tangan mereka. Dan kami terus berdoa dan berpuasa — seperti yang akan kami lakukan pada Rabu Abu ini — untuk perdamaian di Ukraina dan di seluruh dunia.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI