34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Gereja Bangladesh Mencari Keadilan Atas Pembunuhan Umat Katolik

BERITA LAIN

More
    Ribuan orang berbaris di depan Gereja Our Lady of Guidance di Keuskupan Barishal sebagai aksi protes atas pembunuhan seorang umat di keuskupan itu. UCA News

    BANGLADESH, Pena Katolik-Umat ​​Katolik di sebuah keuskupan Bangladesh memprotes pembunuhan seorang umat Katolik berusia lanjut yang disertai penjarahan rumah. Gereja Katolik Bangladesh dalam pernyataannya menilai peristiwa ini dan mengutuk para penjahat yang menargetkan mereka karena sifat cinta damai mereka.

    Sekitar 1.000 orang berdemonstrasi di jalan untuk hari ketiga pada 3 Februari 2022 mencari penangkapan segera para penjahat yang menyerang rumah Katolik di desa Padrishibpur yang berada di bawah Keuskupan Barishal.

    “Kami diserang karena kami minoritas. Kami tidak mencari tindakan atau protes ketika diserang,” kata Pastor Anol Terence D’Costa, ketua komisi media sosial Keuskupan Barisal.

    Orang tak dikenal menyerang rumah Melcome D. Costa yang berusia 94 tahun pada 29 Januari setelah membuat enam anggota keluarga pingsan dengan obat-obatan dan menjarah semua barang berharga mereka. Costa meninggal di rumah sakit pada 31 Januari, sementara lima anggota keluarga lainnya belum pulih.

    Para pemimpin Katolik dalam protes tersebut mengatakan seorang pemuda telah mengunjungi rumah Costa dan mencampurkan obat bius dengan makanannya. Setelah makan makanan, semua orang jatuh pingsan malam itu sementara Costa tetap sadar.

    Setidaknya tiga pemuda memasuki rumah melalui jendela yang terbuka dan Costa diserang ketika dia mencoba menghentikan mereka. Kemudian, ketika dia juga pingsan, para pemuda itu mengambil semua yang ada di rumah termasuk uang tunai dan perhiasan emas senilai sekitar 750.000 taka (US$8.714) dan melarikan diri, kata tetangga Pius D’Costa.

    Pastor D’Costa mengatakan serangan semacam itu “bukan hal baru” di daerah yang didominasi Muslim, di mana orang-orang Kristen mulai menetap pada abad ke-18. Ketidakmampuan orang Kristen untuk mengorganisir dan memprotes serangan semacam itu membuat mereka rentan terhadap serangan yang meningkat, katanya.

    Dia mengatakan protes umat paroki akan berlanjut sampai polisi menangkap para penjahat. Uskup Agung Salib Suci, Mgr. Lawrence Subrato Howlader dari Chattogram, Administrator Apostolik Keuskupan Barishal, mengunjungi paroki dan bergabung dengan pengunjuk rasa menyerukan penangkapan segera para penjahat.

    “Kami juga berbicara dengan pemerintah dan politisi lokal, menuntut dukungan keuangan untuk keluarga dan hukuman yang patut dicontoh bagi para penjahat,” kata Pastor D’Costa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI