Sabtu, Juli 27, 2024
34 C
Jakarta

Seorang Kristen Tiongkok Ditangkap Karena Berdoa pada Peringatan Peristiwa Tiananmen

Goa Heng saat berada di Stasiusn guangzhou pada Juni tahun lalu. IST

BEJING, Pena Katolik – Seorang Kristen Tionghoa ditangkap tersangka setelah berdoa pada peringatan pembantaian di Lapangan Tiananmen 4 Juni tahun lalu. Gao Heng menghadapi persidangan rahasia di mana ia menghadapi kemungkinan hukuman penjara di Guangzhou.

Gao, seorang anggota dan sukarelawan dari Gereja Reformasi Alkitab Guangzhou, diadili pada 11 Februari 2022. Sejak Juni tahun lalu, Gao telah dipenjarakan di Pusat Penahanan Guangzhou. Dia menghadapi tuduhan “menimbulkan pertengkaran dan memprovokasi masalah, tuduhan umum untuk membungkam perbedaan pendapat di Tiongkok.

Kasus ini bermula, sat Gao berdoapada peringatan 32 tahun pembantaian Lapangan Tiananmen pada 4 Juni 2021. Pada hari itu pada tahun 1989, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok melakukan tindakan keras mematikan terhadap pengunjuk rasa, yang dipimpin mahasiswa selama berminggu-minggu di Lapangan Tiananmen Beijing.

Untuk menandai hari itu, Gao berdiri di stasiun Kereta Bawah Tanah Guangzhou Jalur 2 dan memegang plakat bertuliskan: “4 Juni, berdoalah untuk negara.”

Setelah peristiwa itu, Gao hilang pada malam yang sama dan keberadaannya baru diketahui pada 7 Juni ketika pengacara gereja Wen Yu menanyakan lokasinya. Seorang petugas memberi tahu Wen bahwa Gao telah ditangkap atas tuduhan kriminal. Dia secara resmi didakwa dan ditangkap pada pertengahan Juli setelah 37 hari ditahan.

Pendeta Huang Xiaoning, pendeta dari Gereja Reformasi Alkitab Guangzhou yang telah membantu keluarga Gao dalam perjuangan hukum mereka, mengatakan bahwa keluarga tersebut telah menghadapi ancaman dan tekanan dari agen keamanan nasional. Di bawah tekanan dari polisi, ayah Gao telah menolak untuk menjawab panggilan telepon atau mencari bantuan dari anggota gereja.

Pendeta Huang mengatakan Gao dikenal sebagai orang yang lembut dan rendah hati yang antusias dalam memberitakan Injil dan menyebarkan nilai-nilai Kristiani. Pada malam Natal tahun 2020, setelah pejabat Partai Komunis Tiongkok (PKT) memerintahkan pembatalan acara Natal, Gao bergabung dengan Pendeta Huang untuk berbagi salam dengan orang-orang Kristen dan orang lain di jalanan. Gao telah menjadi kritikus kebijakan satu anak China dan terlibat dalam kampanye anti-aborsi dan aktivisme untuk keadilan dalam kehidupan sosial dan publik.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini